PENGARUH MEREK DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TEH PUCUK HARUM PADA SISWA-SISWI SMKN 1 JATISARI

Authors

  • Asep Maulana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v4i1.3419

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Merek dan kemasan secara korelasi, parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian Pada SMKN 1 Jatisari. Jumlah sampel yang digunakan 172 responden,teknik sampling menggunakan non Probability dan data dianalisis menggunakan metode Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, Merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Teh Pucuk Harum.Besarnya pengaruh secara parsial antara Merek dan keputusan pembelian adalah 0,376, atau dapat dikatakan bahwa 37,6% pengaruh Merek terhadap keputusan pembelian konsumen.Sedangkan Kemasan berpengaruh secara Positif dan parsial terhadap keputusan pembelian produk Teh Pucuk Harum. Besarnya pengaruh secara parsial antara Kemasan dan keputusan pembelian adalah 0,494, atau dapat dikatakan bahwa 49,4% pengaruh Positif dari Kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara simultan, Merek dan Kemasan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Besarnya pengaruh secara simultan antara kedua varibel tersebut dengan keputusan pembelian adalah 43,101.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Fandy Tjiptono, 2012, Strategi Pemasaran, edisi kedua, Yogyakarta, Andi.

Freddy Rangkuti, 2013, Riset Pemasaran, cetakan ke enam, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Gregorius Chandra, 2012, Strategi dan Program Pemasaran, Penerbit Andi Yogyakarta

Ginting, Paham dan Syafrizal Helmi Situmorang. 2011. Filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan: USU Press.

Handayaningrat, Soewarno.2012.Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: CV. Haji Mas Agung.

Kotler, P. & Armstrong G. 2014 Principle of Marketing. New York: Pearson Education.

Kotler, P. & Keller K.L. 2012. Marketing Management. New York: Pearson Education.

Kotler, P. & Keller K.L. 2016. Marketing Management. New York: Pearson Education.

Mardiyanti, F. 2012. Pengaruh Elemen Kemasan Produk (Packaging); Warna (Colour).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Singgih Santoso dan Fandy Tjiptono, 2001 Riset Pemasaran, cetakan pertama. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Situmorang, Syafrizal Helmi. 2013. Bisnis Konsep dan Kasus. Medan: USU Press.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lufti, 2013, Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis, USU Press: Medan.

Yogy Sarwono, Jonathan, 2011. Path Analysis Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Jakarta.

Published

2019-03-31

How to Cite

Maulana, A. (2019). PENGARUH MEREK DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TEH PUCUK HARUM PADA SISWA-SISWI SMKN 1 JATISARI. Value : Journal of Management and Business, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.35706/value.v4i1.3419