ANALYSIS OF DECISION FACTORS OF COLLEGE STUDENTS IN CHOOSING BOARDING HOUSE

Authors

  • Legista Sinnaga Win Textile

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v4i1.3422

Abstract

Saat ini di sekitar Universitas Singaperbangsa Karawang, terutama di daerah perumahan banyak orang yang mulai membangun rumah kos, hal ini dikarenakan banyaknya mahasiswa baru yang memilih tinggal di rumah kos yang dekat dengan area kampus dimana hal ini sama seperti rumah kos yang kami jadikan sampel.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor apa yang dipertimbangkan oleh mahasiswa dalam memilih asrama. Penelitian ini menggunakan analisis faktor. Tujuan utama dari analisis faktor adalah untuk menjelaskan struktur hubungan antara banyak variable dalam faktor – faktor dan variabel laten. Untuk mengetahui faktor – faktor apa yang dipertimbangkan oleh mahasiswa dalam memilih asrama maka dibagikan kuesioner kepada mahasiswa yang memilih rumah kos sebagai tempat tinggal dengan tujuan menganalisis variabel yang miliki hubungan dengan keputusan mereka untuk memilih rumah kos.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016). Brand Image and Product Price; Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 221–227. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.009.

Fikri, S., Wiyani, W., & Suwandaru, A. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Merdeka Malang), 120–134.

Hajar, S., Susilawati, M., Nilakusmawati, D., Kunci, K., Kost, R., Mahasiswa, K., & Faktor, A. (2012). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Rumah Kost. Agustus, 1(1), 25–31.

Mambu, Michelle, M. (2014). The Influence Of Housing Environment On Consumer Preference At Griya Paniki Indah Manado. (Vol. 2, No. 4, 664-674). Faculty Of Economics And Business, International Business Administration (IBA) Program, University Of Sam Ratulangi Manado.

Harga, P., Fasilitas, D. A. N., Keputusan, T., Toar, S., Park, L., Park, E., & Mandey, S. L. (2015). Menggunakan Jasa Taman Wisata Toar Lumimuut ( Taman Eman ) Sonder Influences of Price , Location and Facilities Towards a Decision Using, 3(1), 1072–1083. https://doi.org/10.1007/s00101-004-0690-4 [doi].

Singasatia, D., & Jaelani, I. (2018). Analysis of Service Quality on Academic Information System toward User Satisfaction Using Kano Method Base on SERVQUAL Dimensions ( Case Study : Academic Information System on STT Wastukancana Purwakarta ), 7(10), 1666–1672. https://doi.org/10.21275/ART20192369.

Supirman. (2016). Pengaruh kelengkapan produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada eramart sentosa samarinda. EJournal Administrasi Bisnis, 4(4), 923–936. https://doi.org/923-936.

Rares, A., & Jorie, R., J. (2015). The Effect Of The Price, Promotion, Location, Brand Image, And Quality Products Towards The Purchase Decision Of Consumers At Bengkel Gaoel Store Manado Town Square. (Vol. 3, No. 2, 592-604). Faculty Of Economics And Business, Department Of Management Sam Ratulangi University Manado.

Dana, A., A., Setyadin, B., & Sunandar, A. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Menjadi Pertimbangan Mahasiswa Dalam Memilih Tempat Kos Di Kelurahan Sumbersari Kota Malang. Jurusan AP FIP UM. Malang.

Suryani, W., & Ginting, P. (2013). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA AL MUNAWAROH MEDAN. (Volume 9, Nomor 1, Februari 2013). Universitas Islam Sumatera Utara Al Munawaroh. Medan.

Tjoeng, S., C., & Indriyani, R. (2014) PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP CORPORATE ENTREPRENEURSHIP PADA PERUSAHAAN KELUARGA DI JAWA TIMUR. AGORA Vol. 2, No. 1. Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Rasti, Hafifah. (2015). Pengaruh Lingkungan, Harga, Fasilitas, dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memlih Jasa Rumah Kos Di Kawasan Limau Manis dan Jati. Universitas Andalas Padang.

Ghifari, Muhammad. (2017). Pengambilan Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Indekos Di Daerah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Published

2019-03-31

How to Cite

Sinnaga, L. (2019). ANALYSIS OF DECISION FACTORS OF COLLEGE STUDENTS IN CHOOSING BOARDING HOUSE. Value : Journal of Management and Business, 4(1), 81–86. https://doi.org/10.35706/value.v4i1.3422