Pengaruh E-Service Quality Dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka Pada Komunitas Backpacker Karawang

Authors

  • Sunandra Sunandra Universitas Buana Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v4i2.3425

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh E-Service Quality dan Trust terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka pada Komunitas Backpacker Karawang baik secara parsial maupun secara simultan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang selanjutnya di isi oleh responden dan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan .  Populasi yang digunakan adalah Pelanggan Traveloka di Komunitas Backpacker Karawang sebanyak 300 orang. Pengambilan jumlah sampel  perhitungan dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%. Didapat sampel sebanyak 170 orang. Teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS.

Hasil Penelitian menunjukkan E-Service Quality Traveloka berada pada kriteria Setuju yang berarti bahwa upaya memperkenalkan kualitas pelayanan traveloka sudah dapat diterima dengan baik, Trust (kepercayaan) pengguna traveloka berada pada kriteria Setuju yang berarti bahwa kepercayaan komunitas backpacker Karawang pada traveloka sudah baik dan dinyatakan memiliki nilai tinggi. Kepuasan Pelanggan Komunitas Backpacker Karawang pada Traveloka berada pada kriteria Setuju yang berarti bahwa Kepuasan Pelanggan Komunitas Backpacker Karawang dinilai sudah baik dan dinyatakan tinggi. Terbukti terdapat pengaruh yang positif E- Service dan Trust terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka pada Komunitas Backpacker Karawang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan.2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Buchory, Ahmad Herry dan Saladin Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran: Edisi Pertama. Bandung: Linda Karya

Danang, Sunyoto.2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Danang Sunyoto. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran .Edisi 14. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management.Edisi 13.New Jersey: Prentice-Hall Published

Mullins, John W & Walker Jr, Orville C.2013. Marketing Management A Strategic Decision-Making Approach 8th Edition.Singapore: McGraw-Hill Education.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alfabeta

Schiffman, Leon. and Kanuk, Leslie Lazar. 2010. Perilaku Konsumen (edisi ketujuh). PT. Indeks: Jakarta.

Sumarwan,Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Penerbit PT Ghalia Indonesia: Jakarta

Tatik Suryani. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Cetakan Pertama). Graha Ilmu: Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Sumber Jurnal

Ario Arzaq Akbar , Tjahjono Djatmiko, Ir., MBA2 .2016. Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction dan E-Customer Loyality Pada Lazada.co.id e-Proceeding of Management : Vol.3, No.1 April 2016. Hal. 142-150

Bressolles, G. & Durrieu, F., 2011. Service quality, customer value and satisfaction relationship revisited for online wine websites. In 6th AWBR International Conference. France. Page 2-13.

Felicia Laurent.2016. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan GO-JEK Melalui Kepuasan Pelanggan. AGORA Vol. 04, No.02. Halaman 95-100

Gunawan, Fransiskus. 2013. “Pengaruh Persepsi Merek dan Kepercayaan Konsumen Atas Produk Terhadap Brand Switching Atas Produk Smartphone (BlackBerry) Pada Mahasiswa UNP”. Jurnal Manajemen. Vol.02. No.01. Halaman 1-11

Sukma, Kumala, Nurcahya, I Ketut & Suryani, alit (2016). Pengaruh Celebrity Endoser, Brand Image, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men’s Biore. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 05, No.07, 2016: 4016-4043 ISSN : 2302-8912. Halaman 4014-4043

Sumber Website

Dari https://www.APIJII.or.id. diakses tanggal 01 Maret 2019

Dari https://www.topbrand-award.com, diakses tanggal 02 Maret 2019

Dari https://kumparan.com/@kumparantech/transaksi-e-commerce-indonesia-jadi-yang-terbesar-di-asia-tenggara-1543303718515357387 , diakses tanggal 02 Maret 2019

Dari http://dephub.go.id/post/read/teknologi-informasi-ubah-gaya-hidup-masyarakat-dalam-bertransportasi, diakses tanggal 05 Maret 2019

Published

2019-09-30

How to Cite

Sunandra, S. (2019). Pengaruh E-Service Quality Dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka Pada Komunitas Backpacker Karawang. Value : Journal of Management and Business, 4(2), 115–125. https://doi.org/10.35706/value.v4i2.3425