Pengaruh Marketing Public Relations Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Wisata Hutan Mangrove Tarumajaya Kabupaten Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.35706/value.v4i2.3430Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Marketing Public Relations dan Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung pada Wisata Hutan Mangrove Tarumajaya Kabupaten Bekasi baik secara parsial maupun secara simultan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang selanjutnya di isi oleh responden dan data sekunder buku-buku mengenai teori Marketing Public Relations, Citra Destinasi dan keputusan berkunjung. Data Pengunjung dan data dari dokumen-dokumen yang bersumber pada objek penelitian yaitu Wisata Hutan Mangrove Tarumajaya Kabupaten Bekasi. Populasi yang digunakan adalah Wisatawan pada Wisata Hutan Mangrove Tarumajaya Kabupaten Bekasi Pada bulan Januari tahun 2019 sebanyak 10.196 Kunjungan. Pengambilan jumlah sampel perhitungan dengan menggunakan rumus iscac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Didapat sampel sebanyak 370 orang. Teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS.
Hasil Penelitian menunjukkan Marketing Public Relations Pada Wisata Hutan Mangrove Tarumajaya Kabupaten Bekasi menunjukan hasil dengan kriteria setuju. Artinya Marketing Public Relations pada wisata tersebut sudah berada dalam keadaan baik. Citra Destinasi Pada Wisata Hutan Mangrove Tarumajaya Kabupaten Bekasi menunjukan hasil dengan kritria setuju. Artinya Citra Destinasi Pada Wisata tersebut sudah berada dalam keadaan baik. Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Wisata Hutan Mangrove Tarumajaya Kabupaten Bekasi menunjukan hasil dengan. Artinya Keputusan Berkunjung Pada Wisata tersebut sudah berada dalam keadaan baik.Terbukti terdapat pengaruh yang positif Marketing Public Relations dan citra destinasi terhadap Keputusan Berkunjung pada Wisata Hutan Mangrove Tarumajaya Kabupaten Bekasi.
Downloads
References
Sumber Buku
Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan 12. Bandung: Alfabeta
Kotler, Philip dan Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition, Pearson Education,Inc
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Edisi Revisi. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Schwaighofer, Verena. 2014. Tourist Destination Images and Local Culture. Best Masters. Salzburg, Austria: Springer Gabler.
Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2015. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudaryana, M. Liga, dan Vanny Octavia. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alvabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumber Jurnal
Arizqy Hania, Sunarti, dan Edriana Pangestuti. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Citra Destinasi Sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Wisatawan Jawa Timur Park 1 Kota Batu)”. 193 Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 40 No.1 November 2016
Fajar Ramadhan. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Wisata Pantai Samudera Baru” Value Journal of Management and Business. Vol. 1 No. 1 Oktober 2016
Hesti Sugesti. “Pengaruh Marketing Public Relation Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Waterpark XYZ.” Value Journal of Management and Business. Vol. 2 No. 1 Oktober 2017. 224-232
Inggrid Sinaga, “The Effect of Marketing Public Relations on Brand Image.” Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. vol. 2, no. 2, 13 October 2014, 184-189
Lintang Tyas Kristanti dan Naili Farida. “Pengaruh Citra Destinasi dan Fasilitas Wisata terhadap Niat Berperilaku Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Museum Kereta Api Ambarawa).” 2015.
Maudina Putri Giraliyandi dan Dede R Oktini. “Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung pada Wisata Kebun Raya Cibodas (Survei Pengunjung Wisatawan Kebun Raya Cibodas).” Prodising Manajemen Vol. 4 No.1, Februari 2018. 263-267.
Sumber Internet
Dari http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=112&id=1358https://www.APIJII.or.id, diakses tanggal 01 Maret 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
-