PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN AKADEMIK DAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/value.v1i1.458Abstract
Dalam memberikan rangsangan motivasi terhadap mahasiswa dalam memiliki jasa pendidikan yang dibuktikan dengan ijazah kelulusan terhadap masa kuliah yang ditempuhnya di Universitas Singaperbangsa Karawang harus senantiasa berorientasi terhadap keinginan mahasiswa sebagai konsumen guna memberikan kepuasan yang berdampak positif terhadap peningkatan nilai loyalitas. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan perhatian dan perbaikan yang dilakukan oleh pimpinan lembaga perguruan tinggi yang ada di Universitas Singaperbangsa Karawang guna memberikan pelayanan jasa pendidikan yang diharapkan oleh mahasiswa.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kualitas jasa pelayanan akademik, kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang dengan metode penelitian menggunakan deskriptif veripikatif dengan teknik analisis jalur, dengan respondennya adalah mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang dengan jumlah populasi 3000 mahasiswa aktif yang sudah melakukan pembayaran registrasi ulang 2012 dan diambil sampel sebanyak 312 orang dengan taraf kesalahan 5%.
Adapun hasil penelitian mengenai variabel kualitas jasa pelayanan akademik, kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa pada skala cukup, pengaruh parsial secara langsung variabel kualitas jasa pelayanan akademik (X1) sebesar 6,3% (?2yx1). Adapun variabel kepuasan mahasiswa (X2) sebesar 51% (?2yx2) sedangkan pengaruh tidak langsung kedua variabel tersebut (X1,X2) terhadap loyalitas mahasiswa (Y) sebesar 5,2%. Pengaruh perilaku mahasiswa (X1) dan citra lembaga (X2) secara simultan terhadap keputusan menjadi mahasiswa (Y) sebesar 62,5%, sedangkan pengaruh variabel lain di luar model adalah sebesar 37,5%.
Kata kunci : kualitas jasa pelayanan akademik, kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa
Downloads
References
Debby Likumhua. 2010. Tesis. Faktor Kualitas Layanan Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Perbankan Di Ambon. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-PERBANAS. Surabaya.
Fandy Tjiptono. 2008. Pemasaran Strategik. Andi. Yogyakarta
-------------------. 2008. Strategi Pemasaran. Andi.Yogyakarta.
-------------------, 2004. Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Andi.Yogyakarta.
Foedjiawati Samuel Hatane. 2005. Jurnal. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek, Studi Kasus Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya. Universitas Kristen Petra Surabaya
Gerson. F. Richard, 2002. Mengukur Kepuasan Mahasiswa, PPM, Crisp Publication.
Kotler,Philip& G. Amstrong. 2000. Manajemen Pemasaran Terjemahan, Prehalindo, Jakarta
Mulyo Budi Setiawan dan Ukudi. 2007. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) ISSN : 1412-3126, Vol. 14, No. 2, September 2007 Hal. 215-227
Rahmat H dkk. 2008. Solusi Penelitian. Faktor-Faktor Penyebab Drop Out Di Universitas Singaperbangsa Karawang. Karawang
Ratih Hurriyati. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Cetakan Ke Tiga. CV Alfabeta. Bandung
Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. 2008. Cara menggunakan dan memaknai Analisis Jalur. Alfabeta.Bandung
Sugiyono, 2005.Statisitika untuk Penelitian, Cetakan Keempat. CV. Alfabeta, Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
-