ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN POLRI TERHADAP IMAGE PADA MASYARAKAT CIKARANG TIMUR

Authors

  • Ergo Nurpatria K

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v1i2.669

Abstract

Di era reformasi sekarang ini masyarakat semakin kritis terhadap kebijakan–kebijkan pemerintah selain itu masyarakat juga menuntut informasi yang transparan dari pemerintah. Dalam dunia Public Relations, memberikan penerangan dan informasi kepada masyarakat tentang kebijakan serta tujuan yang akan dicapai oleh pemerintah, merupakan salah satu upaya humas untuk menciptakan opini publik yang positif demi tercapainya citra yang positif. Kunci utama keberhasilan humas adalah adanya kepercayaan dari publik, kepercayaan tersebut akan dapat diraih jika lembaga yang bersangkutan memiliki citra yang baik dimata masyarakat. Untuk memperoleh citra yang baik, maka seorang praktisi humas harus mampu menciptakan citra baik lembaganya dengan menciptakan citra baik lembaganya dengan melakukan kegiatan – kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh kepercayaan, good will dan saling pengertian.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran humas POLRI dalam meningkatkan citra. Penelitian ini mengenai peran PR berdasarkan dimensi penasehat asli (expert prescriber), fasilitator komunikasi (communication facilitator), fasilitator proses pemecahan masalah (problem solving process facilitator), dan teknisi komunikasi (communication technician). Teori yang digunakan dalam membahas peran ini adalah menggunakan konsep dari Dozeir dan Broom tentang empat peran dari praktisi PR. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, penulis telah mewawancarai 3 nara sumber yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian secara keseluruhan adalah diketahui bahwa humas POLRI menjalankan paran sebagai penasehat ahli dan fasilitator pemecah masalah apabila berkaitan dengan tugas humas saja. Sedangkan peran sebagai fasilitator komunikasi dan teknisi komunikasi merupakan peran yang utama dijalankan oleh humas POLRI.

 

Kata Kunci : Manajemen Strategi, Citra, Public Relations

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ergo Nurpatria K

ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN POLRI TERHADAP IMAGE PADA MASYARAKAT CIKARANG TIMUR

References

Sutanto. 2005. Refleksi Pemikiran “POLRI Menuju Era Baru Pacu KinerjaTingkatkan Citra. Jakarta :Penerbit KIK UI Press.

Surya,Bintarti,2015. Metodologi Penelitian Ekonomi Manajemen. Bekasi :PenerbitMitraWacana Media.

Thrishadenis.blogspot.com/2012/10/perilaku-masyarakat

www.pengertianku.net/2015/13pengertian-analisis-swot-dan-manfaatnya.html

Susaningtyas Nefo .2011. Strategi dan manajemen Humas Polri Dalam Membangun Citra Polri. Unversitas Indonesia.

David, Freed R. 2004. Manajemen Strategi, edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Indeks Kelompok Gramedia.

Benny Setyowardi. 2011. Sistem manajemen Kinerja Polri Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Personel pada Polres Cilegon. Skripsi Universitas Indonesia.

Kunarto dan Hariadi Kuswaryono. 1997, Polisi Dan Masyarakat. Jakarat : PT cipta Manunggal.

Published

2017-05-02

How to Cite

K, E. N. (2017). ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN POLRI TERHADAP IMAGE PADA MASYARAKAT CIKARANG TIMUR. Value : Journal of Management and Business, 1(2). https://doi.org/10.35706/value.v1i2.669