Pemanfaatan Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada UMKM Snack Indochip

Authors

  • Monika Teguh Universitas Ciputra Surabaya
  • Aviana Benita Universitas Ciputra Surabaya
  • Ni Ketut Ayu Sari Utari Dewi Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i1.3748

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini, pembangunan usaha khususnya di bidang industri makanan dan minuman berlangsung cepat. Banyak bermunculan usaha– usaha baru khususnya produsen dalam industri makanan dan minuman baik dalam skala kecil, menengah, hingga skala besar. Oleh karena itu, selaku pengusaha yang bergerak dalam industri makanan harus memperhatikan komunikasi pemasarannya agar tetap dapat bertahan ditengah persaingan. Snack Indochip merupakan bisnis makanan UMKM yang memproduksi keripik dengan rasa khas telur asin, dengan merek Three O’Clock. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan Snack Indochip sehingga dapat mempertahankan penjualannya ditengah peningkatan persaingan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada tiga kategori sumber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber yaitu membandingkan data dari tiga sumber kategori informan. Hasil penelitian ini menunjukkan Snack Indochip telah melaksanakan komunikasi pemasaran terpadu dimana kegiatan yang dilakukan antara lain personal selling, direct marketing, publicity, online marketing dan sales promotion. Kegiatan unggulan yang selama ini memberikan kontribusi besar adalah personal selling dan sales promotion. Sedangkan kegiatan direct marketing dan advertising yang dilaksanakan Snack Indochip masih belum maksimal, sehingga perlu dilakukan pengembangan kedepannya.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terpadu, UMKM, Snack Indochip

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-30

How to Cite

Teguh, M., Benita, A., & Utari Dewi, N. K. A. S. (2020). Pemanfaatan Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada UMKM Snack Indochip. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 2(1), 40–55. https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i1.3748

Issue

Section

Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal