Makna dan Alasan Dibalik Orang Tua Memberikan Fasilitas Gadget Kepada Anak Usia Dini

Authors

  • Muhamad Andre Juliansyah fakultasi ilmu komunikasi broadcasting-Ars university
  • Veny Purba Universitas ARS Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i2.4593

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari manusia pasti tidak terlepas dari kebutuhan berkomunikasi. Salah satu alat yang dibutuhkan untuk berkomunikasi yaitu gadget (handphone). Kecanggihan teknologi yang begitu pesat banyak menawarkan fitur yang beragam dan memberikan dampak positif sehingga semua kalangan memiliki gadget bahkan anak usia dini pun sudah memiliki gadget. Akan tetapi terlepas dari dampak positif yang dihasilkan oleh gadget, adapun dampak negatif dari penggunaan gadget untuk anak-anak seperti resiko terkena radiasi, penyalahgunaan konten sensitif, resiko menjadi pengguna yang aktif (ketergantungan) dan tidak bersosialisasi dengan orang lain, dan lain sebagainya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa alasan para orang tua memfasilitasi gadget kepada anak yang masih berusia dini. Teori analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori fenomenologi yang dikemukakan oleh Alfred Schutz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dengan studi literatur sedangkan teknik analisis data yang dipakai yaitu triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alasan memberikan orang tua memberikan fasilitas gadget kepada anaknya yaitu karena sebagai media pembelajaran, untuk alat komunikasi, sebagai alat bermain, dan untuk menyenangkan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhamad Andre Juliansyah, fakultasi ilmu komunikasi broadcasting-Ars university

muhamad andre juliansyah, mahasiswa

Published

2020-12-31

How to Cite

Juliansyah, M. A., & Purba, V. (2020). Makna dan Alasan Dibalik Orang Tua Memberikan Fasilitas Gadget Kepada Anak Usia Dini. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 2(2), 20–34. https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i2.4593

Issue

Section

Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal