Pembingkaian Pesan Kulit Putih Pada Iklan Produk Kecantikan Citra Body Lotion dan Vaseline

Penulis

  • sifwah maharani Mahasiswa
  • Abiyya Sagara Mahasiswa
  • Radenda Arief Mauluda

DOI:

https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v5i1.9751

Abstrak

Iklan produk kecantikan menjadi isu menarik bagi masyarakat dari masa ke masa, dalam lima tahun ke belakang kepopuleran iklan produk kecantikan menjadi semakin beragam dan sangat menakjubkan. Hal ini berpengaruh pada cara perempuan memaknai tubuh dan dirinya lewat pesan-pesan yang disampaikan dalam iklan-iklan tersebut, sejumlah slogan dan istilah baru muncul sebagai doktrin bagi perempuan. Tulisan ini mengambil posisi untuk menampilkan iklan produk kecantikan tersebut dengan paradigma kritis. Tulisan ini beropini bahwa iklan produk kecantikan tidak dapat menjadi satu-satunya patokan bagi perempuan dalam menilai kecantikan dari segi tubuh, kulit, wajah dan aspek lainnya yang mungkin berkaitan dengan sikap perempuan ketika dihadapkan pada isu-isu tersebut. Tulisan ini juga mencoba untuk menunjukan bagaimana iklan produk kecantikan dalam masyarakat mengubah pandangan perempuan terhadap dirinya sendiri ataupun orang lain mengenai banyak hal salah satunya ialah warna kulit. Banyak perempuan percaya bahwa dengan memiliki kulit putih mereka bisa mendapatkan lebih banyak keyakinan untuk menyebut dirinya cantik, kulit putih juga seringkali dikaitkan dengan kebersihan seorang wanita dan bagaimana masyarakat akhirnya memperlakukan mereka. Aparatus di dalam subjek penelitian ini adalah iklan-iklan produk kecantikan yang beredar luar di social media Instagram. Sementata , media yang digunakan sebagai subjek dalam penelitian ini adalah membandingkan dua iklan produk kecantikan yang memiliki konsep dan branding berbeda. Dengan mengambil contoh berupa iklan body lotion Citra dan juga Vaseline, tulisan ini memberikan argument bahwa ada dua jenis iklan yang menyampikan dua pesan berbeda tentang makna kecantikan sebagai branding. Tulisan ini menggunakan paradigma kritis, pendekatan kualitatif, dengan metode berupa analisis isi. Penelitian ini menggunakan metodologi berupa reduksi data dan pengodean aksial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-10

Cara Mengutip

maharani, sifwah, Sagara, A., & Mauluda, R. A. (2023). Pembingkaian Pesan Kulit Putih Pada Iklan Produk Kecantikan Citra Body Lotion dan Vaseline . Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 5(1). https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v5i1.9751

Terbitan

Bagian

Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal