Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Mentor Dan Anak PPA Dengan Keterampilan Sosial Remaja

Penulis

  • Melfri Suki Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNDANA Kupang
  • Petrus Ana Andung Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Fitria Titi Meilawati Universitas Nusa Cendana Kupang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v5i2.9771

Abstrak

Fase remaja  merupakan fase dalam pencapaian  identitas  diri yang sangat menonjol, pemikiran semakin logis, abstrak dan ideal Memperkenalkan remaja dengan dunia luar sangatlah penting untuk perkembangan kognitif anak. Dengan adanya PPA dapat membentuk keterampilan sosial anak melalui komunikasi antarpribadi, pengajaran dan program yang akan di terapkan sejak anak masuk awal ke PPA hingga anak selesai dan dianggap mampu menjadi pribadi Kristen yang dewasa secara iman, pemikiran dan juga mampu untuk menjadi pemimpin atas dirinya dan orang lain. Dalam hal ini rancangan yang dibuat untuk mengajar dan program yang mencangkup tema, topik dan konsep yang dipelajari, termasuk materi, pengalaman dan proses dimana mentor dalam berinteraksi agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan yaitu tujuan perkembangan anak secara holistik yang meliputi sosio-emosi, Intelektual, kerohanian serta fisik (kesehatan jasmani anak). Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Hubungan Komunikasi Interpersonal Mentor dan Anak PPA Kelas Usia 15-18 Tahun dengan Keterampilan Sosial Remaja di PPA Betlehem IO-722 Oesapa Barat. Teori yang digunakan dalam penilitian ini adalah Teori Kredibilitas Sumber. Berdasarkan hasil analisis Korelasi Pearson antara variabel Komunikasi Interpersoal (X) dan Keterampilan Sosial Remaja (Y), diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0.000< 0.05. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan yang positif  antara Komunikasi Interpersonal Mentor Dan Anak PPA Kelas Usia 15-18 Tahun Dengan Keterampilan Social Remaja. Analisis data dengan menggunakan Uji Korelasi Pearson (Product Moment) diperoleh r hitung 0,657. Maka berdasarkan rtable dengan taraf kepercayaan 0,05 (rtable untuk 55 subyek dengan taraf kepercayaan 5% adalah 0,265), diperoleh pengertian bahwa r hitung > r table (0,657>0,265) maka Ha diterima dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan keterampilan social .Berdasarkan hal itu, dapat disimpulkan bahwa tingkat kekuatan hubungan berada pada kategori kuat.Serta, nilai yang positif menunjukkan hubungan yang searah antara Komunikasi Interpersonal dengan Keterampilan Sosial.

Unduhan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-02

Cara Mengutip

Suki, M., Andung, P. A., & Meilawati, F. T. (2024). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Mentor Dan Anak PPA Dengan Keterampilan Sosial Remaja. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 5(2). https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v5i2.9771

Terbitan

Bagian

Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal