Kebijakan Pelaksanaan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R) Berbasis Sekolah di Karawang

Main Article Content

Oon Sopiah

Abstract

PIK Rmerupakan salah satu wadah remaja dalam pelayanan informasi dan konsultasi KRR. Kelompok PIKR berbasis sekolah di Karawang mencapai 2,63%. Tujuan penelitian untuk mengetahui Kebijakan Pelaksanaan PIK R Berbasis Sekolah Tahun 2015. Desain menggunakan metode kualitatatif dengan pendekatan studi kasus,menggunakan metode analisis kebijakan Policy Analytical Process versi Patton-Savicky, disajikan berdasarkanMichael Hill dengan format analiysis of policy. Penelitian dilakukan di tiga institusi sekolah. Informan kunci terdiri dari ketua, PS dan KS. Informan pendukung terdiri dari kepala PKBR dan Hak Reproduksi, Kepala UPT, PLKB, Kepala Sekolah, Guru BK, siswa-siswi yang ikut serta dan tidak ikut serta kegitan PIK R. Penelitian menggunakan studi dokumentasi, wawancara mendalam, dan observasi. Metode analisis menggunakan Tematik. Hasil penelitian menemukan keterbatasan kebijakan melakukan sosialisasi dan promosi. BKBPP segera melakukan srtrategi yang menarik minat remaja dalam melakukan promosi dan sosialisasi PIK R ke seluruh institusi sekolah dan bekerjasama dengan intansi terkait.


Kata Kunci: Kebijakan, Promosi dan Sosialisasi, PIK R

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

References

BKKBN. Penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR) ditinjau dari aspek 8 fungsi keluarga, kesehatan, ekonomi, psikologi, pendidikan, agama dan sosial. Bandung.SUSEDA Jabar; 2011.

SDKI. Sensus Penduduk; 2011.

Sensus penduduk; 2010.

Notoatmodjo. Ilmu perilaku kesehatan: Rineka Cipta. Jakarta; 2010.

Outlook. Kesehatan reproduksi remaja, membangun perubahan yang bermakna. Januari 2000 Vol. 16. Path UNFA; 2000.

BKKBN. Pedoman pengelolaan pusat informasi dan konseling remaja/mahasiswa (PIK-R/M). Jakarta; 2014.

BKBPP. Buku laporan kegiatan; Karawang; 2014

BKBPP. Rakerda pembangunan KB dan PP Kabupaten Karawang Tahun 2015. Optimalisasi kinerja program KB, pembangunan keluarga dan pemberdayaan perempuan dalam mewujudkan target sasaran renstra dan RPJMD Tahun 2011-2015 menuju keluarga kecil berkualitas. Karawang; 2015.

Srenggani. (2013). Pelaksanaan program pusat informasi konseling remaja pada siswa kelas XI SMAN 5 Yogyakarta tahun pelajaran 2012/2013. E Journal Bimbingan dan Konseling, Vol. II No. 7 Tahun 2013. Yogyakarta.

Alyas. Implementasi kebijakan kesehatan reproduksi remaja studi kasus pada SMAN 5 Makassar. Jurnal Administrasi Publik, Volume I, No. 1 Tahun 2011. Jurnal Administrasi Publik, Volume 1, No. 1, Tahun 2011. Makassar; 2011.

Depdiknas. Model kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta; Pusat. Kurikulum Dekdiknas; 2006.

Hermawan. Ekstrakurikuler, mengembangkan potensi siswa;2000.

BKKBN. Membantu Remaja Memahami dirinya. Jakarta: Direktorat Remaja dan Perlindungan hak-hak reproduksi; 2007.