STUDI PENGETAHUAN FITOKIMIA DAN TERAPI FITOKIMIA DI INSTALASI GIZI DAN PASIEN KANKER PAYUDARA RUMAH SAKIT WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR TAHUN 2011

Main Article Content

Sabrina Sabrina

Abstract

ABSTRAK

Fitokimia atau kadang disebut fitonutrien, dalam arti luas segala jenis zat kimia yang diturunkan dari sumber tumbuhan, termasuk sayur dan buah-buahan. Fitokimia biasanya digunakan untuk merujuk pada senyawa yang ditemukan pada tumbuhan yang tidak dibutuhkan untuk fungsi normal tubuh, tetapi memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit.

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengetahuan ahli gizi dan pasien kanker payudara. metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan rancangan rapid assesment. Pemilihan informan dengan cara purposive dan snowballing dengan jumlah informan 19 orang. Terdiri dari 12 ahli gizi dan 7 pasien kanker payudara.

Hasil penelitian ini menunjukkan kurangnya pengetahuan ahli gizi dan pasien kanker payudara tentang fitokimia dan terapi fitokimia, selain itu baik di instalasi gizi maupun pasien kanker payudara tidak mengaplikasikan terapi fitokimia dalam dietnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan untuk ahli gizi dan penyuluhan untuk pasien kanker payudara sehingga dapat menerapkan terapi fitokimia dengan sebaik-baiknya.

 

Kata kunci : Fitokimia, Ahli gizi, Kanker payudara

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

References

DAFTAR PUSTAKA

Anonim a. Kanker payudara. http://www.mediasehat.com/utama07.php. 2011 [diakses pada tanggal 26 juni 2011].

Anonim b. Penatalaksaan kanker payudara. http://www.tempo.co.id/medika/arsip/082002/pus-3.htm. 2010 [diakses pada tanggal 4 juni 2011].

Castro Nancy E. dan Carol A. Lange. Breast tumor kinase and extracellular signal-regulated kinase 5 mediate Met receptor signaling to cell migration in breast cancer cells. Inggris. 2011.

Silalahi, J. Makanan Fungsional. Yogyakarta: Kanisius. Hal. 40, 47, dan 48. 2006.