PENGARUH KOMUNIKASI ANTARPRIBADI IBU-ANAK DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU BERPACARAN REMAJA PUTRI KELAS VIII SMPN 10 DEPOK TAHUN 2015

Main Article Content

Eka Afrika

Abstract

Pacaran merupakan fenomena yang cukup banyak dijumpai zaman sekarang seperti dikenal fungsinya utamanya adalah memilih dan mendapatkan pasangan. Dan berbeda dizaman sekarang akhir-akhir ini remaja tentu sudah memiliki kendali yang jauh lebih besar terhadap proses berpacaran dan dengan siapa mereka menjalin hubungan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung komunikasi antarpribadi serta besaran konsep diri terhadap perilaku berpacaran di SMPN 10 Depok Tahun 2015. Desain penelitian menggunakan pendekatan Cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini remaja putri kelas VIII SMPN 10 Depok dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 90 responden, yang diambil secara tehnik porposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Struktural Equating Modelling (SEM) dengan aplikasi software Smart PLS 2.0 dan Special Package for Statistic Science 18 (SPSS) Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner. Hasil analisis Univariat, kategori usia 14 tahun jumlah terbesar (78,9%), dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa karakteristik responden tidak mempengaruhi variabel perilaku remaja putri dalam berpacaran (Asymp.Sing > 0,05). Hasil analisa SEM adalah total pengaruh langsung dan tidak langsung dari semua variabel terhadap perilaku remaja putri dalam berpacaran adalah sebesar (84,22%) dan terdapat 33,5% faktor lain yang berpengaruh terhadap perilaku berpacaran di SMPN 10 Depok yang tidak diteliti. Saran dalam penelitian ini diharapkan, siswi tidak berpacaran melebihi batas nilai dan norma yang berkaitan dengan perilaku berpacaran.

Kata Kunci : Komunikasi Antarpribadi, Konsep diri, Perilaku.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

References

BKKBN. 2011. Kesehatan reproduksi remaja. Diunduh dari www.wordpress.com15 agustus 2014

BKKBN. 2010. Hubungan Sex Remaja. Diunduh dariwww.koranpendidikan.com 15 agustus 2014

Dariyo, Agoes. 2004.Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Susanto, Tantut. 2012. Analisis Situasi Penerapan Menajemen Pelayanan Keperawatan Kesehatan Komunitas: Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (adolescent friendly) Pada Pemenuhan Kebutuhan Kesehatan Reproduksi Aggregate Remaja di Kelurahan Tugu Kecamatanhttp://ejournal.umum.scientific_journal. pdf. diunduh 14 oktober 2014.

Oktarina. 2011. Perilaku Seks Pranikah Pada Siswa di 7 SMA/K Diwilayah Kerja Puskesmas Pancoran Kota Mas Kota Depok Tahun 2011. Skripsi FKM UI.

Wahyuni. 2012. Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Konsep Diri Pada Remaja Di SMA Negeri 1 Manado. E Journal Keperawatan (E-Kp) Volume 1, No

Sari, Citra Puspita. 2012. Harga Diri Pada Remaja Putri yang Telah Melakukan Hubungan Seks Pranikah, dengan Motode Studi Kasus Terhadap Satu Orang Objek.

Handayani, ari. 2010. Perilaku Seksual Pada Remaja Ditinjau dari Dukungan Sosial Orang Tua dan Konsep Diri, the journal of psycology.

Rakhmat, Jalaludin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakar

Laily, N. dan Matulessy, A. 2004. Pola Komunikasi Masalah Seksual Orang Tua dan Anak. Anima vol 9, no2, 195-205

Sarwono, Sarlito, Wirawan. 2010. Psikologi Remaja. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Supratiknya, A. 2000. Komunikasi Antarpribadi Tinjauan Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Riduwan, 2002. Metode Tehnik Penyusunan Tesis. Alfabet, Bandung.

Ridwan M, 2012. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Alfabeta, Bandung

Ghozali,1 2008. Structural Equation Modeling Teori Konsep dan Aplikasi dengan Progam LISREL 8.80, Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Pononegoro.

Ghozali, I, 2011. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial least Square, UNDIP, Semarang

Soesilowindradini, M. A. 2005. Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Manggalaning, Aprilica. 2010. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Hygene Organ Reproduksi pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Sambungmacan Sragen. Skripsi Universitas Sebelas Maret.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan.Jakarta: Rineka Cipta.

Puspita, Novalia. 2012. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja Di Panti Asuhan Yatim Putri. Aisyiyah Yogyakarta

Widjaya, A.W. 1997. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Bina Aksara.

Sari, Citra Puspita. 2012. Harga Diri Pada Remaja Putri yang Telah Melakukan Hubungan Seks Pranikah, dengan Motode Studi Kasus Terhadap Satu Orang Objek.