Penggunaan Media Sosial Youtube dalam Motivasi Siswa Belajar Passing Permainan Sepakbola pada Masa Pandemi

Penulis

  • Nana Suryana Nasution Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v3i3.11126

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan media Sosial Youtube dapat memotivasi siswa dan menambah pengetahuan siswa tentang pemebelajaran passing permainan sepak bola. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif (non eksperiment) dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan Metode survei dengan teknik pengumpulan data dengan angket. Dari hasil penelitian tersebut diketahui Penggunaan Media Sosial Youtube dalam Memotivasi Siswa Belajar Passing Permainan Sepak Bola di Masa Pandemi, yang menyatakan kategori ”sangat Baik” dengan presentase 6,5%, kategori “Baik” dengan presentase 25,8%, kategori “Sedang” dengan presentase 35,5%, kategori “Kurang” dengan presentase 25,8%, dan kategori “Cukup Kurang” dengan presentase 6,5%. Jadi dapat disimpulkan Penggunaan Media Sosial Youtube dalam Memotivasi Siswa Belajar Passing Permainan Sepak Bola Di Masa Pandemi dalam kategori baik atau sedang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ashaver, D., & Igyuve, S. M. (2013). The use of audio-visual materials in the teaching and learning processes in colleges of education in Benue State-Nigeria. IOSR Journal of Research & Method in Education, 1(6), 44–55.

Beltasar, T. (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Sepakbola. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati, M. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ferdinand, A. (2006). Metodologi Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadiana, O., & Sartono, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Potensi Akademik Terhadap Penguasaan Bermain Sepak Bola Modifikasi. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 93. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.38

Hamdani, S. B. M. (2011). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Haryanto, S. (2018). Kelebihan dan kekurangan E-learning berbasis schoology (studi PTK dalam pembejaran mata kuliah academic listening).

Idris, A. T., Shamsuddin, I. M., Arome, A. T., & Aminu, I. (2018). Use of audio-visual materials in teaching and learning of classification of living things among secondary school students in Sabon Gari LGA of Kaduna State. Plant, 6(2), 33.

Indriarsa, V. M. A. dan N. (2012). Efektifiras Pembelajaran Menggunakan Media. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1, 415–418.

Kurniawan, F. (2011). Buku pintar olahraga. Jakarta: Laskar Aksara.

Lhaksana, J. (2011). Taktik & Strategi futsal modern. Be Champion.

Mahendra, A. (2008). Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar Menengah, Pendidikan Luar Biasa, Bagian Proyek Pendidikan Kesehatan Jasmani Pendidikan Luar Biass.

Muhammad Mury Syafei, Abduloh, T. H. (2019). Survey Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Senam Kelas Ix Smp 2 Klari. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(1), 86–99. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

MuhammadAli Akbar Sofyan, Nana Suryana Nasution, M. S. (2021). Pembelajaran Outdoor Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Sikap Toleransi Di SMPN 1 Cikarang Utara. Jurnal Literasi Olahraga, 2(April), 110–118.

Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Parwata, I., & Agung, G. L. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media VCD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada perkuliahan Atletik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 35–52.

Rosleny, M. (2016). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: CV Pustaka Setia.

Salim, A. (2008). Buku pintar sepakbola. Bandung: Nuansa.

Sanjaya, W. (2019). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Santrock, J. W. (2004). Psikologi Pendidikan (Educational Psychology), Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Sayuti, P., & Prihanto, J. B. (2015). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3, 71–74.

Setyaningum, R. K. (2016). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Passing Dalam Bermain Sepakbola Dengan Menerapkan Pembelajaran Yang Inovatif (Ratna. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 3(9), 1–17. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Siswoyo, D. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.

Suherman, A. (2000). Dasar-dasar penjaskes. Jakarta: Depdiknas.

Uno, H. B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Widiyatmoko, F. A., & Hudah, M. (2017). Evaluasi Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(2), 44–60. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/587

Yudis Korin Sihanita, A. R. S. T. (2021). KORELASI HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DENGAN KETERAMPILAN SHOOTING MATERI SEPAKBOLA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 223–228.

Yusuf, S. (2010). Psikologi perkembangan anak dan remaja.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Suryana Nasution, N. (2024). Penggunaan Media Sosial Youtube dalam Motivasi Siswa Belajar Passing Permainan Sepakbola pada Masa Pandemi. Jurnal Literasi Olahraga, 3(3), 81–87. https://doi.org/10.35706/jlo.v3i3.11126