https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/issue/feed Jurnal Literasi Olahraga 2020-09-17T00:00:00+07:00 Febi Kurniawan febi.kurniawan@fkip.unsika.ac.id Open Journal Systems <p align="justify"><strong>Jurnal Literasi Olahraga, </strong>adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang dengan jadwal terbit sebanyak 4 kali selama 1 tahun.</p> https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/3940 Small Side Games Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMPN 2 Cilamaya Kulon 2020-09-15T13:11:15+07:00 Kasanudin Kasan knudin932@gmail.com Resty Gustiawati resty.gustiawati@fkip.unsika.ac.id Bambang Ismaya bambang.ismaya@fkip.unsika.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebugaran jasmani peserta esktakurikuler sepak bola di SMPN 2 Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang, peserta saat melakukan latihan sering sekali kecapean dan menurunya konsentrasi pada saat latihan maupun pasa saat bertanding, sehingga latihan menjadi kurang efektif dan peserta ekstrakurikuler yang memiliki teknik yang baik sekalipun tetap saja memiliki kebugaran jasmani yang kurang baik. Dari permasalahan ini peneliti melakukan eksperimen untuk meningkatkan kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler sepak bola SMPN 2 Cilamaya Kulon. metode eksperimen desain pretest dan posttest, sampel penelitian purposive sampling, jumlah sample dua puluh orang peserta. Hasil penelitian kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler sepak bola di SMPN 2 Cilamaya Kulon menggunakan model latihan small side game memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler sepak bola, terdapat pengaruh secara nyata dari perlakuan yang diberikan dengan model latihan small side game, secara signifikan terlihat dari hasil yang diperoleh penghitungan terhitung sembilan koma empat puluh tujuh lebih besar tertabel dua koma nol sembilan artinya hipotesis ditolak pada taraf signifikansi a sama dengan nol. Dengan demikian metode latihan small side game dapat berpengaruh pada kebugaran jasmani di SMPN 2 Cilamaya Kulon</p> 2020-10-13T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/3944 Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Bola Voli Kelas 8 Pada SMPN 7 Karawang Barat 2020-09-15T13:19:17+07:00 Rahmat Effendi 1510631070141@student.unsika.ac.id Evi Susianti Evi.Susianti@fkip.unsika.ac.id Rizki Aminudin rizki.aminudin@fkip.unsika.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Bola Voli Kelas 8 SMPN 7 Karawang Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang sudah dirumuskan, menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei penulis. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama sebanyak 35 responden. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas 8 SMP 7 Karawang Barat. Jumlah populasinya ada 144 orang. Menurut Suharsimi Arikunto (1998:115) jika populasi lebih dari 100 orang sampel bisa diambil 10 – 20 % atau lebih. Agar penelitian ini lebih representstif, peneliti mengambil sampel dengan cara random sampel teknik sampling acak sederhana dimana setiap elemen atau anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sempel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan maka dapat dimbil kesimpulan bahwa minat siswa kelas 8 SMP Negeri 7 karawang barat terhadap pembelajaran permainan bolavoli adalah sedang dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berapa pada kategori sedang dengan 22 orang atau 63%. Minat siswa kelas 8 SMP Negeri 7 karawang barat terhadap pembelajaran permainan bolavoli yang berkategori sangat tinggi 3 orang atau 9%, tinggi 4 orang atau 11%, sedang 22 orang atau 63%, rendah 3 orang atau 9% dan sangat rendah 3 orang atau 9%. Dari hasil tersebut dapat dikategorikan tingkat minat siswa dengan kualifiasi minat dengan hasil 67,71% siswa minat mengikuti pembelajaran permainan bolavoli.</p> 2020-10-13T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/3943 Pengaruh Model Pembelajaran Cooverative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Dribbling Bola Basket Pada Siswa Kelas 11 SMA Negeri 1 Rengasdengklok 2020-09-15T13:15:59+07:00 abdullah waffa 1510631070004@student.unsika.ac.id Muhammad Mury Syafei M.Murry.Safei@fkip.unsika.ac.id Bambang Ismaya bambang.ismaya@fkip.unsika.ac.id <p>Tujuan dari pembuatan skripsi ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mengidentifikasi pengaruh yang signifikan model pembelajaran jigsaw terhadap keterampilan dribbling bola baskt di Sma Negeri 1 Rengasdengklok.Terdapat tiga tahapan pada penelitian ini yaitu: pretest, treatment, dan posttest. Pretest dilakukan dikedua kelas untuk mengetahui kemampuan awal keterampilan bola basket sebelum mendapatkan treatment Setelah diberikan treatment, selanjutnya peneliti melakukan posttest dikedua kelas untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran jigsaw dikelas experiment.penelitimengolah menggunakan rumus nT-hitung dan dibadingkan dengan T-table dan signifikansi kurang dari 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran jigsaw memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keterampilan dribbling Kelas 11 Sma Negeri 1 Rengasdengklok dengan hasil T-hitung sebesar 0,133 dan dibandingkan T-table 0.148 dengan signifikansi kurang dari 0,05 sebesar 0,00.</p> 2020-10-13T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/3828 Implementasi Evaluasi Partisipatif Dalam Mengetahui Hasil Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan pada Siswa SMP Negeri 2 Pebayuran 2020-09-15T12:59:39+07:00 mohamad yakub myakub822@gmail.com Resty Gustiawati resty.gustiawati@fkip.unsika.ac.id Muhammad Arif Setiawan Muhammad.Arif.Setiawan@fikes.unsika.ac.id <p><strong>A</strong><strong>BST</strong><strong>RA</strong><strong>K</strong></p> <p> Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk mengetahui Implemensi Evaluasi Partisipatif Dalam Mengetahui Hasil Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan Pada Siswa SMP Negeri 2 Pebayuran, yang menekankan prilaku Kognitif, Afektif, Psikomotor<strong>.</strong> Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang sudah dirumuskan. Oleh peneliti dengan menggunakan metode kualitatif. Dengan teknik studi obervasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang di cari oleh peneliti. Dengan menggunakan lembar wawancara sebagai alat pengolah data yang berisi pertanyaan tentang perubahan apa yang dirasakan dalam kegiatan implementasi evaluasi partisipatif dalam mengetahui hasil pembelajaran senam lantai roll depan pada siswa SMP Negeri 2 Pebayuran. Setelah data hasil wawancara diperoleh selanjutnya dilakukan analisis. Data kualitatif yang di peroleh dari lapangan, untuk itu perlu di catat secara teliti dan terperinci dengan cara mereduksi data. Tujuan dari reduksi data adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang data yang diperoleh. Setelah data kualitatif reduksi di sajikan dalam bentuk teks naratif.</p> <p> Berdasarkan hasil wawancara tentang “Implementai Evaluasi Partisipatif Dalam Mengetahui Hasil Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan Pada Siswa SMP Negeri 2 Pebayuran” dengan menekankan prilaku kognitif, afektif, psikomotor dan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran Implemtasi Evalusi Partisipatif dapat meningkatkatkan kompetensi Dasar pembelajaran senam lantai roll depan, social, kognitif, afektif, psikomotor dan minat siswa dalam pembelajaran penjas. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana siswa begitu antusias dalam mengikuti kegiatan senam lantai roll depan di SMP Negeri 2 Pebayuran.</p> 2020-10-13T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/3895 Survei Penerapan Metode Pembelajaran Value Clarification Technique untuk Membentuk Sikap Sosial Siswa pada Guru Pembelajaran Penjasorkes 2020-09-15T13:24:35+07:00 Siti Uswatun Hasanah 1610631070145@student.unsika.ac.id Resty gustiawati resty.gustiawati@fkip.unsika.ac.id Rahmat Iqbal rahmat.iqbal@staffunsika.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui penerapan metode pembelajaran <em>value clarification technique</em> untuk membentuk sikap sosial siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada guru smp dikecamatan kutawaluya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode&nbsp; survei,&nbsp; teknik&nbsp; pengambilan&nbsp; datanya&nbsp; dengan&nbsp; menggunakan&nbsp; angket. Penelitian ini pengambilan teknik <em>Probability sampling</em>. Populasi dari penelitian ini adalah&nbsp; seluruh&nbsp; guru&nbsp; sekolah menengah pertama se-kecamatan kutawaluya yang berjumlah 91 orang dari seluruh populasi guru PJOK di kecamatan kutawaluya berjumlah 12 orang. Data&nbsp; yang&nbsp; terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dengan persentase. Uji validitas instrumen menggunakan&nbsp; rumus <em>Pearson&nbsp; Product&nbsp; Moment</em> dengan&nbsp; hasil&nbsp; butir&nbsp; soal&nbsp; yang&nbsp; valid berjumlah&nbsp; 22&nbsp; butir&nbsp; dari &nbsp;25 pernyataan. Uji&nbsp; reliabilitas menggunakan&nbsp; rumus <em>Alpha Cronbach</em> sebesar 0,956 sehingga instrumen tersebut reliabel. Hasil&nbsp; penelitian&nbsp; menunjukan&nbsp; bahwa penerapan metode pembelajaran <em>value clarification technique</em> untuk membentuk sikap sosial siswa dalam pembelajaran penjas pada guru smp di kecamatan kutawaluya adalah rata-rata 51,1667 memiliki kategori “Cukup baik” hasil data sebanyak 5 responden dengan presentase (41,7%). Dengan demikian penerapan metode pembelajaran <em>value clarification technique </em>masih belum di implementasikan oleh beberapa guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang ada di kecamatan kutawaluya.</p> <p><strong>Kata kunci : Metode Pembelajaran </strong><strong><em>Value Clarification Technique,</em></strong><strong>Sikap Sosial, Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Guru</strong></p> 2020-10-13T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/4047 Studi Hasil Tes Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Atas di Sekolah Dasar Negeri 03 Talang Tulungagung Tahun Ajaran 2019 2020-09-15T13:27:07+07:00 Putra Aprilian Trisnata Putra_unpkediri@yahoo.com Yulingga Nanda Hanief pjkrunsika10@gmail.com Ruruh Andayani Bekti pjkrunsika10@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya data tentang kebugaran jasmani siswa di SDN 03 Talang Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa kelas atas di SDN 03 Talang Tulungagung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu Tes Kebugaran Fisik Indonesia (TKJI). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas di SDN 03 Talang Tulungagung, yang berjumlah 56 anak yang terdiri dari 25 siswa pria dan 31 siswa wanita. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase tingkat kesegaran jasmani, yang terbagi dalam 5 kategori, yaitu: kurang satu kali, kurang, cukup, baik, dan sangat baik berdasarkan klasifikasi TKJI. Hasil penelitian diperoleh tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas di SDN 03 Talang Tulungagung, yaitu 0 anak (0%) dengan kategori sangat baik, 9 anak (16,07%) dengan kategori baik, 43 anak (76,79%) dengan kategori cukup , 4 peserta (7,14%) dengan kategori lebih sedikit, dan 0 peserta (0%) dengan kategori lebih sedikit. Frekuensi tertinggi berada pada kategori sedang, yaitu 43 anak (76,79%). Dengan demikian tingkat kesegaran jasmani siswa kelas atas di SDN 03 Talang Tulungagung termasuk dalam kategori cukup</p> 2020-10-13T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/3885 Hubungan Learning Contract dengan Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas 8 SMP Negeri 1 Purwasari 2020-09-15T13:39:51+07:00 Cut Irawati ctirawati@gmail.com Resty Gustiawati resty.gustiawati@fkip.unsika.ac.id Ruslan Abdul Gani rabdulgani76@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara <em>learning contract</em> dengan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani kelas VIII di SMP Negeri 1 Purwasari. Latar belakang masalah ini adalah masih rendahnya kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, maka dari itu penulis akan mencoba menggunakan <em>learning contract</em> untuk melihat sampai mana kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Metode penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Purwasari, dengan jumlah sampel sebanyak 102 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif dan teknik analisis inferensial (Dengan menggunakan teknik analisis korelasi pearson product moment). Hasil penelitian ini menunjukkan rhitung lebih besar dari rtabel maka dapat disimpulkan terdapat korelasi positif signifikan antara <em>learning contract</em> dengan kedisiplinan siswa menunjukkan korelasi positif sebesar 37,45%. Dengan tabel distribusi t, dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 102 sehingga diperoleh rtabel = 0,195. Karena rhitung lebih besar dari rtabel (0,612 &gt; 0,195).</p> 2020-10-13T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/3979 Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda 2020-09-15T13:30:06+07:00 Gery Mega Prastyo 1610631070064@student.unsika.ac.id Febi Kurniawan febi.kurniawan@fkip.unsika.ac.id Citra Resita citra.resita@fkip.unsika.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar motivasi belajar siswa kelas XII MA<br>Nurul Huda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Blended Learning<br>berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas<br>XII MA Nurul Huda dengan jumlah responden 38 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan<br>dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis<br>menggunakan metode kuesioner dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes<br>menggunakan angket motivasi belajar. Teknik yang dilakukan dalam pengambilan data pada<br>penelitian ini menggunakan One-grup Pretest-Postest Design. Hasil penelitian ini diketahui motivasi<br>belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Blended Learning yang di lihat<br>dari nilai rata-rata pretest yaitu 184.16 dengan nilai postest yaitu 212.34 nilai ini menunjukan bahwa<br>tes akhir mengalami peningkatan dari nilai tes awal dan diperkuat oleh nilai uji rata-rata satu pihak<br>yaitu mendapatkan nilai Thitung 6.010304 dengan Ttabel 2.026 yang artinya Ho ditolak dan H1<br>diterima.<br>Kata Kunci: Blended Learning, kebugaran jasmani dan motivasi belajar</p> 2020-10-13T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/3766 Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam Lantai Sman 1 Cikampek 2020-09-15T13:36:39+07:00 Mardi Maulana mardimaulana23@gmail.com Bambang Ismaya bambang.ismaya@fkip.unsika.ac.id Abdul Salam Hidayat abdulsalamhidayat@fkip.unsika.ac.id <p>Tujuan dari pembuatan skripsi ini untuk mengetahui, menganalisis, <br />dan mengidentifikasi Minat Siswi Dengan Pembelajaran Pendidikan Jasmani<br />Senam Lantai SMAN 1 Cikampek. Untuk menjawab rumusan masalah <br />penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan <br />kuantitatif (non-eksperiment) dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan <br />metode survei. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Cikampek. Populasi <br />penelitian ini adalah seluruh siswi kelas X SMAN 1 Cikampek yang berumur <br />15-18 tahun berjumlah 104 siswi. Pengambilan data penelitian menggunakan <br />Sampling Jenuh yaitu penentuan sampel bila populasi lebih dari 100 orang, <br />maka bisa diambil 10-15% atau 20-25% dari jumlah populasinya. Maka <br />sampel yang diteliti hanya 25% dari populasi yaitu berjumlah 26 orang siswi.<br />Peneliti menentukan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah <br />populasi. Instrumen penelitian adalah angket. Analisis data penelitian<br />menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk <br />persentase.<br />Dari hasil penelitian tersebut diketahui Tingkat Minat Siswi dalam <br />Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam lantai SMAN 1 Cikampek yang <br />menyatakan pada kategori “sangat baik” dengan persentase 23,1%, pada <br />kategori “baik” dengan persentase 42,3%, pada kategori “cukup baik” dengan <br />persentase 30,0%, pada kategori “kurang baik” dengan persentase 0%, dan <br />pada kategori “sangat kurang baik” dengan persentase 3,8%. Jadi dapat <br />disimpulkan Tingkat Minat Siswi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani <br />Senam lantai SMAN 1 Cikampek adalah baik.<br /> Kata Kunci : Minat Siswi, Pembelajaran Penjas Senam Lantai</p> 2020-09-17T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/3923 Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi 2020-09-16T16:47:16+07:00 Aprillia Krissanthy 1610631070023@student.unsika.ac.id Febi Kurniawan febi.kurniawan@fkip.unsika.ac.id Citra Resita citra.resita@fkip.unsika.ac.id <p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar yang dimiliki antara hubungan kebugaran jasmani terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Subjek atau Populasi penelitian yang digunakan merupakan kelas X SMA Negeri 9 Kota Bekasi yang berjumlah 355 orang. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa dengan teknik <em>simple random sampling </em>Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tingkat kebugaran jasmani siswa yang diukur dengan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) yang terdiri dari beberapa rangkaian tes, seperti: a) lari 60 meter, b) <em>pull-up</em>60 detik, c)<em> sit-up</em> 60 detik, d) loncat tegak, dan e) lari 1200 meter, Kemudian konsentrasi belajar siswa diukur dengan menggunakan instrument test <em>Grid Concentration Exercises</em>. Pengambilan data pada penelitian ini melalui pemberian tes dan pengukuran melalui survei. Hasil penelitian menunjukkan r<sub>hitung</sub> = 0,578 ≥ r<sub>tabel</sub> = 0,433 artinya dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara tingkat kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi siswa kelas X SMA Negeri 9 Kota Bekasi. Hasil koefisiensi determinan (<em>r</em><sup>2</sup>) diperoleh sebesar 33,4% dan sisa dari hasil penghitungan sebesar 66,6% lagi tingkat konsentrasi ditentukan oleh faktor lain.</p> 2020-09-17T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga