Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam Lantai Sman 1 Cikampek

Penulis

  • Mardi Maulana Universitas Singaperbangsa Karawang - FKIP - Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
  • Bambang Ismaya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Salam Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3766
Abstrak views: 29

Abstrak

Tujuan dari pembuatan skripsi ini untuk mengetahui, menganalisis,
dan mengidentifikasi Minat Siswi Dengan Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Senam Lantai SMAN 1 Cikampek. Untuk menjawab rumusan masalah
penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan
kuantitatif (non-eksperiment) dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan
metode survei. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Cikampek. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswi kelas X SMAN 1 Cikampek yang berumur
15-18 tahun berjumlah 104 siswi. Pengambilan data penelitian menggunakan
Sampling Jenuh yaitu penentuan sampel bila populasi lebih dari 100 orang,
maka bisa diambil 10-15% atau 20-25% dari jumlah populasinya. Maka
sampel yang diteliti hanya 25% dari populasi yaitu berjumlah 26 orang siswi.
Peneliti menentukan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah
populasi. Instrumen penelitian adalah angket. Analisis data penelitian
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk
persentase.
Dari hasil penelitian tersebut diketahui Tingkat Minat Siswi dalam
Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam lantai SMAN 1 Cikampek yang
menyatakan pada kategori “sangat baik” dengan persentase 23,1%, pada
kategori “baik” dengan persentase 42,3%, pada kategori “cukup baik” dengan
persentase 30,0%, pada kategori “kurang baik” dengan persentase 0%, dan
pada kategori “sangat kurang baik” dengan persentase 3,8%. Jadi dapat
disimpulkan Tingkat Minat Siswi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Senam lantai SMAN 1 Cikampek adalah baik.
Kata Kunci : Minat Siswi, Pembelajaran Penjas Senam Lantai

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Mardi Maulana, Universitas Singaperbangsa Karawang - FKIP - Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Mardi Maulana, lahir di Karawang pada tanggal 13 Febuari 1998. Mahasiswa Akhir tingkat Strata-1 (S1) Universitas Singaperbangsa Karawang Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Organiasi yang pernah di ikuti sebagai Wakil Ketua Cabor Sepak Bola Unsika ( PS. Unsika ) periode 2018/2019. Pernah mengikuti sejumlah kejuaraan saat Sekolah Menengah pertama mewakili Tournament Sepak Bola di Thailand (2012), Soerarin Jakarta Timur Pemuda Jaya tingkat Asprov DKI Jakarta (2014), Kejuaraan antar Kampus 4 Besar Se-Jawa Barat Piala Menpora U21 (2017), Peserta liga Mahasiswa (2018).

Referensi

Andrika Kristyana, Y. (2019). Survei Minat Siswa Terhadap Materi Senam Lantai (Roll depan dan Roll Belakang) Pada Kelas XI SMK Prima Husada Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017./2018. Dalam http://simki.unpkediri.ac.id/detail/13.1.01.09.0068[16Januari2020]

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Taktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Awaludin (2016). “Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran Senam Lantai Konsep Putar Melalui Permainan dan Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negri 2 Sidomukti Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen.” Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta.

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gustiawati, Resty (2016). Implementasi Model-model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Journal Of Sport Science And Education (Jossae) Vol 1 No 1 Oktober.

Gustiawati, Resty (2015). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jamani. Bandung: Multi Kreasindo.

Imas Kurniasih 2010. Kumpulan Permainan Interaktif Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Cakrawala

Ismaya, Bambang (2019). Landasan Administrasi Bimbingan Dan Konseling

Ismaya, Bambang (2015). Model Kepemimpiman Sekolah Berkarakter Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Unsika. Volume 3 No 1.

Ismaya, Bambang (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Ismaya, Bambang (2015). Efektifitas Layanan Bidang Bimbingan & Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unsika. Jurnal Ilmiah Solusi Volume 2 Nomor 5.

Kristiyandaru, Advendi. (2010). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga.Surabaya: Unesa University Press.

Mury Syafei, M (2019). Survey Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Senam Kelas IX SMP 2 Klari. Jurnal Pendidikan Unsika Volume 7 No 1.

Mury Syafei, M (2016). Pengaruh Gaya Mengajar dan Flexibility Terhadap Hasil Belajar Gerakan Tiger Sprong Senam Lantai. Jurnal Pendidikan Unsika Volume 4 Nomor 1.

Maylana, Ikbal (2017). “Tingkat Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Guling Depan Kelas VIII Tahun Ajaran 2016/2017 Di SMP Negeri 7 Kota Magelang”. Fakultas

Ilmu Keolahargaan. Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta

Muhajir, & Sutrisno, B. 2013. Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Kelas VII.Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Nugrahaeni-Hergiwa, W.G.S (2019). “Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Senam Lantai Melalui Permainan Pada Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 4 Kota Sukabumi.” Jendela Olahrga Vol 4 no (2), 63-69.

Nurdini. 2013. Optimalisasi Pelatihan Ketahanan Otot, Kelincahan Serta KeseimbanganDalam Olahraga Senam Lantai Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Kemampuan Melakukan Senam Dengan Baik Dan Benar Pada Siswa Kelas X Semester II SMK Maospati Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 01(01):53-56.

Nazirun, Novia (2019). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmai di SMP

Ripki Setiawan, M. (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Aktivitas Ritmik Berbasis Multimedia Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Ogan Komering ULU (OKU) Selatan Provinsi Sumatra Selatan.

Rochiarti Wiraatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:

Rosda. Roji, & Yulianti. (2014). Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Kelas VIII.Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Salam Hidayat, A (2016). Manajemen Organisasi Dan Sistem Pertandingan Olahraga: Bandung: Media Kreasiindo

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta CV

Syahrin, Alfi dkk. 2017. Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada MTS Se-Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Jasmani Vol 3 No 2.

Trisna Rahayu, E. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Bandung: Alfabeta CV.

Wahyu heny kartika sari, dkk. 2016. Pengembangan Pembelajaran Senam Lantai RangkaianSederhana Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Ngoro Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pendidikan Jasmani Vol 26 No 1.

Wildan Pratama, M. (2018). “Survei Minat Terhadap Pembelajaran Penjas di MTsN 4 Karawang”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Singaperbangsa Karawang. Karawang

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-09-17