Hubungan Learning Contract dengan Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas 8 SMP Negeri 1 Purwasari

Using contract learning methods for student discipline

Penulis

  • Cut Irawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Resty Gustiawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ruslan Abdul Gani Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3885
Abstrak views: 16

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara learning contract dengan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani kelas VIII di SMP Negeri 1 Purwasari. Latar belakang masalah ini adalah masih rendahnya kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, maka dari itu penulis akan mencoba menggunakan learning contract untuk melihat sampai mana kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Metode penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Purwasari, dengan jumlah sampel sebanyak 102 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif dan teknik analisis inferensial (Dengan menggunakan teknik analisis korelasi pearson product moment). Hasil penelitian ini menunjukkan rhitung lebih besar dari rtabel maka dapat disimpulkan terdapat korelasi positif signifikan antara learning contract dengan kedisiplinan siswa menunjukkan korelasi positif sebesar 37,45%. Dengan tabel distribusi t, dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 102 sehingga diperoleh rtabel = 0,195. Karena rhitung lebih besar dari rtabel (0,612 > 0,195).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) kelas viii semester gasal. Pendidikan, 1(April 2015), 21–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594

Andi, Z. R. (2015). Hubungan kecemasan dan perilaku terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2013 uin alauddin makassar [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3292/1/Andi Riswanti. Z.pdf

Andriyani, L. N., Susilawati, S., & Zulaiha, S. (2019). Implementasi strategi learning contract untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas IV mis guppi 11 Rejang Lebong. IAIN CURUP.

Apriyani. (2015). Penerapan metode learning contract untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran qur’an hadits di masdrasah ibtidaiyah qur’aniah 1v palembang [Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang]. In e-prints. http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/273

Arikunto, S. (2008). prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta.

Bakhri, W. D. R. (2016). Tanggapan siswa terhadap pembelajaran pejasorkes dalam membentuk perilaku disiplin kelas iv, v dan vi sd muhammadiyah mulusan ii. PGSD Penjaskes, 1(7), 2. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41086

E.B Hurlock. (2003). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.

Eka, A. N. (2014). Pengaruh penerapan learning contracts terhadap motivasi belajar menghias busana di smkn 3 purworejo [Universitas Negeri Yogyakarta]. In e-prints@uny. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41034

Elly, R. (2016). Hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas v di sd negeri 10 banda aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 43–53. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/371

Gustiawati, R. (2017). Penerapan materi model pembelajaran permainan kecil di dalam permanasan terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VI SDN Mekarsari 05 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 8(1), 50–58.

Gustiawati, R., Fahrudin, F., & Stafei, M. M. (2015). Implementasi model-model pembelajaran penjas dalam meningkatkan kemampuan guru memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran penjasorkes. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03), 33–40. https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p27-31

Hevi, R. P., & Purnamasari, I. P. T. (2018). Tingkat kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani kelas iv dan v di sdn punukan kabupaten kulonprogo. PGSD Penjaskes, 7(5), 13. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/view/5

Iqbal, M., Amiruddin, A., & Nusufi, M. (2016). Tingkat Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMP Negeri 13 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 2(1), 1–12. https://www.neliti.com/publications/188873/#cite

Kardialis, D., Amiruddin, A., & Ifwandi, I. (2018). Analisis disiplin siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA 13 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 4(3), 120–135. http://www.jim.unsyiah.ac.id/penjaskesrek/article/view/9745

Kurniawan, A. (2012). Tingkat kedisiplinan siswa kelas atas dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di sdn 1 brakas kecamatan karanganyar kabupaten purbalingga. E-Prints@uny, 64. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7788

Moenir, A. ., & Adeng, H. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. 4(2), 86–97. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Muhammad, A. A. (2013). Penerapan pembelajaran metode tutor sebaya dan learning contracts untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV A MI Islamiyah Sukun Malang [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7255

Mulyasa. (2012). praktek penelitian tindakan kelas. PT Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Oktafiani, K., & Samsudin. (2019). Memaksimalkan perkembangan motorik siswa sekolah dasar melalui pembelajaran penjaskes. 6(2), 318–328. https://tunasbangsa.stkipgetsempena.ac.id/?journal

Ruslan, G. A., Abdul, S., & Setio, N. (2019). Peningkatan kemampuan renang gaya kupu-kupu melalui strategi pembelajaran variatif bagi mahasiswa. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 107–113.

Saputra, S. H., Kusuma, I. J., & Festiawan, R. (2020). Hubungan tinggi badan, panjang lengan dan daya tahan otot lengan dengan keterampilan bermain bulutangkis. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 93–108. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1744

Suhara, A. M., & Fauziya, D. S. (2017). Penerapan strategi active learning tipe kontrak belajar dalam kegiatan menulis artikel. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 71–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v7i1.291

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-09-17 — Diperbaharui pada 2020-10-13

Versi