Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda

Penulis

  • Gery Mega Prastyo Jurnal penelitian
  • Febi Kurniawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Citra Resita Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3979
Abstrak views: 12

Abstrak

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar motivasi belajar siswa kelas XII MA
Nurul Huda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Blended Learning
berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XII MA Nurul Huda dengan jumlah responden 38 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan metode kuesioner dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes
menggunakan angket motivasi belajar. Teknik yang dilakukan dalam pengambilan data pada
penelitian ini menggunakan One-grup Pretest-Postest Design. Hasil penelitian ini diketahui motivasi
belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Blended Learning yang di lihat
dari nilai rata-rata pretest yaitu 184.16 dengan nilai postest yaitu 212.34 nilai ini menunjukan bahwa
tes akhir mengalami peningkatan dari nilai tes awal dan diperkuat oleh nilai uji rata-rata satu pihak
yaitu mendapatkan nilai Thitung 6.010304 dengan Ttabel 2.026 yang artinya Ho ditolak dan H1
diterima.
Kata Kunci: Blended Learning, kebugaran jasmani dan motivasi belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Gery Mega Prastyo, Jurnal penelitian

PJKR - UNSIKA

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Baidhori, A. (2017). Pembelajaran Pendidikan

Jasmani Berbasis Blended Learning.

Prosiding Seminar Nasional

Profesionalisme Tenaga Profesi

PJOK, 228-236.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-09-17 — Diperbaharui pada 2020-10-13

Versi

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama