Pengaruh Permainan Tradisional Galasin Terhadap Kelincahan Pada Siswa Kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Sabajaya Karawang

Penulis

  • Hana Nuryana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Mury Syafei Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Irfan Zinat Achmad Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i3.5105

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh permainan tradisional galasin terhadap kelincahan pada siswa kelas VII MTs Mathlaul Anwar Sabajaya Karawang. Kurangnya kelincahan siswa pada saat pembelajaran penjas, maka penulis dalam hal ini akan meneliti seberapa pengaruh permainan tradisional galasin terhadap kelincahan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian kuasi eksperimen (Quasi Experimental Research). Desain yang digunakan adalah pretest-posttest kontrol group design. Populasi seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 62 orang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas VIIA dan Kelas VII.B yang masing-masing berjumlah 31 orang. Karena jumlah populasi dibawah 100 orang dalam keadaan homogen karena berasal dari strata kelas yang sama, maka seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data ini mengunakan tes dan pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Nornalitas, Uji Homogenitas, Uji Perbedaan Dua Rerata dan Analisis Data Gain. Hasil yang didapat dari pengujian hipotesis dengan uji kesamaan dua rerata tes akhir pada taraf signifikansi  = 0,05 didapat P-Value = 0,000 dengan demikian H0 ditolak, artinya peningkatan kelincahan siswa dalam permainan tradisional galasin menggunakan pelatihan lari zig-zag lebih tinggi dibandingkan dengan kelincahan siswa dalam permainan tradisional galasin dengan tidak menggunakan pelatihan lari zig-zag Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai rerata kelincahan siswa (Gain) dengan nilai rerata kelas eksperimen sebesar 21,53 dan nilai rerata kelas kontrol sebesar 12,20.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adisasmita, M. Yusuf. 1989. Hakekat, Filsafat Dan Peranan Pendidikan Jasmani Dalam Masyarakat. Jakarta: Dirjen Dikti.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ateng, Abdul Kadir. 1989. Pengantar Asas-asas dan Landasan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi. Jakarta: Dirjen Dikti.

Bahagia, Yoyo dan A. Suherman. 2000. Prinsip-Prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-07-20

Cara Mengutip

Nuryana, H., Mury Syafei, M. ., & Zinat Achmad, I. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Galasin Terhadap Kelincahan Pada Siswa Kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Sabajaya Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2(3), 186–194. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i3.5105