Tingkat Kepercayaan Diri Siswi Pada Pembelajaran Aktivitas Aquatik Kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Jambe Barat

Penulis

  • Agung Awaludin Faklimulis Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ruslan Abdul Gani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aria Kusuma Yuda Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i4.5486

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakangkan Tingkat Kepercayaan Diri Siswi Pada Pembelajaran Aktivitas Aquatik Kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Jambe Barat. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah Tingkat Kepercayaan Diri Siswi Pada Pembelajaran Aktivitas Aquatik Kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Jambe Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tingkat kepercayaan siswa dalam pembelajaran aktivitas aquatic siswi kelas XI SMA Negeri 1 Telukjambe Barat.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Telukjambe Barat sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik Rumus Slovin. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Telukjambe Barat sebanyak 72 siswa. Instrumen yang digunakan pada tingkat kepercayaan diri siswi pada pembelajaran aktivitas Aqutic adalah menggunakan Lembar Angket. Teknik Analisis data menggunakan analisis Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikansi. Hasil data dihitung dengan menggunakan rumus Rank Spearman untuk mendapatkan hasil data correlation 0,999 yang artinya teradapat hubungan yang sangat kuat antara model pembelajaran cooperative learning dengan kerjasama siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dumadi dan Kasiyo Dwijowinoto. 1992. Renang. Jakarta: Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

E. Mulyasa, (2010). Kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Herawati, A., Abduloh, A., & Resita, C. (2021). Motivasi Belajar Siswa dalam Meningkatkan Pembelajaran Bola Voli Passing Bawah di Kelas VIII SMPN 1 Pondoksalam Purwakarta. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4456.

Kasanudin Kasan, et al. (2020). Small Side Games Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMPN 2 Cilamaya Kulon. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3940.

Rahayu, Ega Trisna. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Ramdani, S., Aminudin, R., & Hidayat, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Chest Pass Bola Basket di SMPN 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2). https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3945.

Sedarmayanti, dan Syarifudin Hidayat. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Prawira, A. Y., A’la, F., Gemael, Q. A., & Prabowo, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas dengan Penerapan Modifikasi Alat Bantu. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 4(02), 86–91. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/5727

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-10-28

Cara Mengutip

Faklimulis, A. A., Abdul Gani, R. ., & Kusuma Yuda, A. (2021). Tingkat Kepercayaan Diri Siswi Pada Pembelajaran Aktivitas Aquatik Kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Jambe Barat . Jurnal Literasi Olahraga, 2(4), 227–232. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i4.5486