Analisis Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Zoom Meeting di SMAN 1 Rengasdengklok
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v2i4.7027Abstrak
Penelitian ini bertujuan yakni untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi pada peserta didik saat pembelajaran PJOK di sekolah yang dimana sistem daring menggunakan aplikasi zoom meeting di masa pandemi Covid-19 pada kelas XII SMA Negeri 1 Rengasdengklok. Metode penelitian yang digunakan yang digunakan pada penelitian ini kualitatif. Subjek yang digunakan yaitu 30 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Rengasdengklok secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) berbagai aktivitas pembelajaran melalui daring menggunakan zoom meskipun pemakaiannya berdampingan dengan aplikasi lain seperti google meet, Google Drive, dan WhatsApp dan terkadang kendala sinyal yang kurang baik dan kuota internet yang terkadang kurang memadai; 2) peserta didik kurang antusias saat melakukan pembelajaran melalui aplikasi zoom meeting; 3) dalam pembelajaran daring melalui zoom meeting dalam pembelajaran penjas menjadi kurang efektif karena tidak didampingi oleh guru secara langsung dan tidak praktik lapangan secara langsung.
Unduhan
Referensi
Dewi, U. (2017). Hubungan Kesegaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Olah Raga; Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga; 175-183 ; 2407-1528 ; 2089-2829. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/385.
Fauzi, R., Achmad, I. Z., & R, A. K. Y. (2020). Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Di Sman 2 Cikarang Pusat. Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(2), 37–46.
Kemendikbud. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Kemendikbud.
Marheni, E., Ridwan, M., S, A., Purnomo, E., & Soniawan, V. (2020). Meningkatkan Gairah Belajar PJOK Siswa Pasca Pandemi Covid-19. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(3), 149. https://doi.org/10.24036/sb.0590.
Mashuri, H., & Pratama, B. A. (2019). Peran Permainan Tradisional Dalam Pendidikan Jasmani untuk Penguatan Karakter Peserta Didik. Prosiding seminar nasional FKIP UTP Surakarta; Vol. 39 No. 1 (2019): Prosiding Semnas Tahun 2019" Kiprah Perempuan Dalam Keolahragaaan Menuju Pola Hidup Sehat". http://ejournal.utp.ac.id/index.php/PROPKO/article/view/865
Komarudin. (2015). Upaya Guru Pendidikan Jasmani untukMeningkatkan Minat Siswa Putri dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMU. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia; Vol 1, No 1 (2004): JPJI; 2581-2300; 0216-1699. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/2846
Saepudin, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana; Vol 2, No 2 (2014); 153-160; 2355-1178. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/adpen/article/view/205
Wijaya, F.W., Ashari, Ngazizah. N. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01, 13–20.
Yudiawan, A. (2020). BELAJAR BERSAMA COVID 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.64
Yusuf, A. M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Prenamedia Group.
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.