Analisis Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB Tunas Harapan Karawang

Penulis

  • Rimanto Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v3i1.8939

Abstrak

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah analisis kesulitan pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bagi siswa berkebutuhan khusus di SLB Tunas harapan karakteristik dari anak berkebutuhan khusus tuna grahita yaitu intelektual mereka yang sangat kurang,tuna rungu dia memiliki tingkat emosi yang yang tinggi dikarenakan mereka tidak mampu menerima informasi secara jelas, tuna daksa memiliki karakteristik memiliki salah satu anggota tubuh yang tidak sempurna, autis bersifat individualistik atau mempunyai kehidupan sendiri, anak downsyndrome cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi .Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 4 peserta didik dari masing-masing ketunaan. Data hasil penelitian diperooleh dengan menggunakan angket atau kuisioner dan wawancara . Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deksriptif yang berupa kata-kata. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa dari segi pemberian materi anak berkebutuhan khusus kesulitan dalam pemilihan dan pemberian materi yang cocok bagi anak ABK dan membutuhkan buku paket pjok yang khusus bagi anak ABK kesulitan dalam praktek pembelajaran daring mata pelajaran pjok 1)sarana dan prasarana yang tidak dimiliki oleh peserta didik,2)Peran Guru dalam memodifikasi alat dan teknik pembelajaran,3)Kurangnya waktu orang tua dalam pendampingan pembelajaran daring,4)Jaringan yang kurang bagus.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arhesa, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Directive Instruction Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Dada. Seminar Nasional Pendidika, 864–869. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/397/380

Faridah, E. (2017). MINAT OLAHRAGA RENANG PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) SE KABUPATEN SEMARANG. Segar, 5(2), 1. https://doi.org/10.21009/segar.0502.01

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 497.

Kompas.com. (2020). bersiap-tameng-ekonomi-untuk-dampak-wabah-corona. https://jeo.kompas.com/bersiap-tameng-ekonomi-untuk-dampak-wabah-corona

Prasetyo, D., Gani, R. A., & Ismaya, B. (2021). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Renang di SMA Negeri 5 Karawang: Student Interest in Learning Swimming. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 81–89. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/4849

Setiawan, Y. A., Abduloh, & Nasution, N. S. (2021). Minat Siswa dalam Pembelajaran Penjas pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Telukjambe. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(5), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. In Metode Penelitian. In Alfabeta

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-01-31

Cara Mengutip

Rimanto. (2022). Analisis Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB Tunas Harapan Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 3(1), 24–27. https://doi.org/10.35706/jlo.v3i1.8939