Tentang Jurnal Ini

Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension merupakan Jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Pertanian, Universitas Singaperbangsa Karawang

FOCUS DAN RUANG LINGKUP

Beberapa konteks yang dibahas dalam Jurnal Agrimanex adalah: agribisnis, ekonomi pertanian, manajemen pedesaan, penyuluhan pembangunan, partisipasi, pemberdayaan masyarakat, efektivitas penyuluhan, nafkah/pendapatan, kelembagaan ekonomi pertanian/pedesaan

PERSYARATAN SUBMISI ARTIKEL

1. Cover Letter / Surat Pernyataan Penulis

Surat pernyataan penulis berisi pernyataan bahwa tulisan yang dikirimkan merupakan karya orisinil dan belum pernah diterbitkan di jurnal lain. Selain itu, surat ini juga berisi data semua penulis seperti nama, afiliasi, email, dan nomor telepon. Template surat pernyataan penulis dapat diunduh di sini.

2. Template Penulisan

Seluruh artikel yang disubmisi kepada Jurnal Agrimanex harus mengikuti template artikel. Template dapat diunduh di sini.

PROSES PEER REVIEW

  • Seluruh artikel yang dimasukkan ke Jurnal Agrimanex akan diproses secara langsung. Seluruh artikel akan diseleksi terlebih dahulu oleh Dewan Editor yang menentukan apakah isi dari artikel memenuhi standar ilmiah dan editorial dari jurnal dan sesuai dengan tujuan dan ruang lingkup jurnal.
  • Setiap artikel dicek menggunakan Turnitin, sebuah software pengecekan plagiarisme. Tulisan yang memiliki tingkat plagiarisme di atas 25% akan ditolak. Apabila ada artikel yang menurut pembaca melakukan publikasi jamak atau salami publication, pembaca dimohon menginformasikan kecurigaan tersebut kepada Jurnal Agrimanex agar bisa ditelaah lebih lanjut. Publikasi jamak definisinya adalah melaporkan data yang serupa dalam lebih dari satu artikel. Salami publication adalah pemotongan atau pemilihan data-data yang dilaporkan pada suatu penilitan dalam unit paling kecil.
  • Artikel yang lolos dari penilaian Dewan Editor akan dikirim ke reviewer yang dipilih sesuai dengan kepakarannya. Penilaian reviewer terhadap artikel akan membantu Dewan Editor dalam penetapan penerimaan/penolakan artikel. Seluruh artikel melewati double-blind peer review, yaitu proses peninjauan artikel yang menyembunyikan nama penulis dan mitra bestari. Form penilaian review artikel dapat dilihat di sini.
  • Dewan Editor menargetkan penulis mendapatkan surat penerimaan artikel 3-4 bulan setelah artikel disubmit, namun perlu diperhatikan waktu ini dapat tercapai hanya ketika tahap proses artikel berjalan mulus. Artikel yang tidak lolos proses review akan memperoleh surat pemberitahuan.
  • Alur penerbitan dari mulai penulis submit hingga publish, dapat dilihat di sini.

PERNYATAAN ETIKA PUBLIKASI

Jurnal Agrimanex berkomitmen untuk memegang integritasi dari rekam jejak akademis. Kami sangat mendorong para penulis untuk mempelajari Standar Internasional untuk Penulis dan Etika Publikasi yang diterbitkan oleh Committee on Publication Ethics (COPE).

1)  Tuduhan Pelanggaran

Jurnal Agrimanex akan memproses secara serius apabila ada pelanggaran sebelum dan setelah publikasi. Apabila tuduhan ini benar, Jurnal Agrimanex memiliki hak penuh untuk, diantaranya: mengumumkan adanya koreksi; mengumumkan adanya pelanggaran, menarik artikel, membawa masalah ini secara legal dengan menyertakan mediator misal dari institusi asal penulis.

2) Kepengarangan dan Kontribusinya

Jurnal Agrimanex mewajibkan penulis untuk menjelaskan keaslian artikel yang didaftarkan, telah menghindari publikasi jamak, dan kontribusi dari masing-masing penulis yang terlibat. Format dari Surat Pernyataan ini dapat di unduh pada tautan ini.

Jurnal Agrimanex tidak menerima artikel yang sudah diajukan atau dipublikasikan dalam bentuk publikasi lain, seperti jurnal, proceeding, book chapter, dll)

Penulis harus mensitasi dengan benar seluruh karya yang disebutkan dalam artikel (artikel ilmiah ataupun data set), baik pada tubuh tulisan maupun dalam referensi. Self-citation diperbolehkan selama relevan dengan topik yang dibicarakan.

3) Konflik Kepentingan

Penulis harus menghindari konflik kepentingan. Setiap kepentingan seperti peran-peran dalam sebuah proyek ataupun pendanaan proyek harus disebutkan secara eksplisit saat penulis mendaftarkan artikelnya pada Jurnal Agrimanex. Apabila ada keraguan mengenai adanya konflik kepentingan, penulis dapat mendiskusikan dengan Dewan Editor Jurnal Agrimanex, agar Editor bisa mempertimbangkan mengenai adanya konflik kepentingan.

4) Data Penelitian

Dewan Editor dan Mitra Bebestari memiliki tanggung jawab untuk mengecek adanya fabrikasi dan falsifikasi data. Apabila muncul kecurigaan akan adanya fabrikasi dan falsifikasi data, Dewan Editor akan meminta pertimbangan dengan mengundang Mitra Bebestari lain, membuka dialog dengan penulis, dan pada kondisi tertentu Dewan Editor berhak meminta data set dari penulis untuk mengecek.

5) Pengawasan Etis

Jurnal Agrimanex menjaga masalah-masalah etika seperti persetujuan responden dan informan untuk terlibat dalam suatu penelitian, menangani data-data yang bersifat rahasia, serta penyebutan nama perusahaan/organisasi yang berhubungan dengan etika bisnis.

6) Hak Milik Intelektual

Seperti yang disebutkan dalam “Pemberitahuan Hak Cipta”, penulis memberikan izin penuh kepada pihak ketiga untuk menggunakan artikel yang dipublikasikan pada Jurnal Agrimanex dengan ketentuan-ketentuan yang disediakan oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. Hak cipta pada artikel dikuasai oleh penulis dengan lisensi tidak eksklusif diserahkan kepada Jurnal Agrimanex sebagai penerbit asli yang mempublikasikan artikel serta hak komersil untuk memasukkan artikel ini dalam terbitan fisik (apabila ada) untuk dijual kepada perpustakaan maupun perseorangan.

7) Diskusi dan koreksi paska publikasi

Jurnal Agrimanex terbuka untuk melakukan perubahan pada artikel paska publikasi. Koreksi, revisi, ataupun menarik/menurunkan artikel paska publikasi dapat dilakukan dengan adanya diskusi antara penulis dengan Dewan Editor.

Pada tahap copy-editing dan proofreading, Editor akan melakukan perubahan pada teks tanpa mengubah arti apabila ada kesalahan tata bahasa, kesalahan ketik, dan juga kalimat yang tidak efektif. Sebelum artikel dipublikasikan, Jurnal Agrimanex akan memperlihatkan versi camera-ready (siap terbit) agar mendapatkan persetujuan dari penulis.

8) Pemberitahuan Hak Cipta

Artikel yang diterbitkan pada Jurnal Agrimanex berada di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. Para pembaca diperbolehkan secara gratis menggandakan, mengubah, atau meredistribusikan artikel untuk tujuan yang sah (misalnya, untuk pendidikan, bukan untuk urusan komersil), selama anda memberikan kredit kepada penulis aslinya dengan menyebutkan judul artikel, mensitasi Jurnal Agrimanex dan menyebutkan perubahan yang dikenakan (apabila ada), dan meredistribusikan kerjaan turunan dari artikel di bawah lisensi yang sama.

Open-access

Seluruh artikel yang dipublikasikan Jurnal Agrimanex dapat diakses oleh publik secara gratis. Semua artikel diterbitkan di bawah lisensi CC BY (Creative Commons Attribution 4.0 Lisensi Internasional)

Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension telah terindeksasi dan dapat dicari pada platform indeksasi berikut ini:

  • Google Scholar
  • GARUDA (Garda Rujukan Digital)

BIAYA PUBLIKASI PENULIS

Penulis yang naskahnya diterbitkan di Jurnal Agrimanex tidak dikenakan biaya publikasi atau free publication charge.