Analisis Manajemen Rantai Pasok Beras dengan Pendekatan Scor Model (Studi Kasus Pada CV. Santi Jaya Barokah Kabupaten Kuningan)

Penulis

  • Faridz Adi Nurmansyah Universitas Kuningan
  • Robi Awaluddin Universitas Siliwangi
  • Ayus Ahmad Yusuf IAIN Syekh Nurjati

DOI:

https://doi.org/10.35706/agrimanex.v2i2.6355

Abstrak

Manajemen Rantai Pasok merupakan metode, alat, atau  yang dimulai dari memasok bahan baku, memproduksi barang sampai dengan melakukan pengiriman ke konsumen akhir. CV Santi Jaya barokah yang bergerak dalam bidang Agribisnis, CV Santi Jaya Barokah mengalami berbagai hambatan seperti keterlambatan dalam pengiriman, pencarian bahan baku yang memenuhi standar perusahaan dan CV Santi Jaya Barokah belum memiliki pengukuran kinerja untuk mengevaluasi kinerja perusahaan. Oleh sebab itu penelitian ini dibuat untuk mengetahui permasalahan yang paling vital dalam perusahaan dengan  membuat system pengukuran kinerja rantai pasoknya, system pengukuran kinerja ini dilakukan dengan menggunakan metode Supply Chain Operation Reference (SCOR) model dengan dibantu oleh aplikasi Expert Choice. Dari hasil identifikasi terdapat 14 Key Performance Indicators (KPIs) yang merepresentasikan perusahaan. Dari hasil analisis didapat agregat ketercapaian sebesar 97 %. Secara keseluruhan kinerja perusahaan berjalan dengan baik, perusahaan hanya perlu meningkatkan kinerjanya pada bagian hulu yaitu yang berkaitan dengan supplier dan system pengolahan yang masih belum memenuhi target perusahaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

Adi Nurmansyah, F. ., Awaluddin, R., & Ahmad Yusuf, A. (2022). Analisis Manajemen Rantai Pasok Beras dengan Pendekatan Scor Model (Studi Kasus Pada CV. Santi Jaya Barokah Kabupaten Kuningan). Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.35706/agrimanex.v2i2.6355

Terbitan

Bagian

Volume 2 No 2