Analisis Nilai Tambah pada Produk Koffie Hideung (Studi Kasus di CV Toean Koffie)

Penulis

  • Wanda Alifah Mutiara Salsabila Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abubakar Abubakar Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Luthfi Nur'azkiya Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/agrimanex.v3i2.8637

Abstrak

CV Toean koffie merupakan salah satu perusahaan yang menjalankan usaha dibidang industri pengolahan kopi. Perusahaan memanfaatkan kopi yang dihasilkan petani di Desa Medal Sari untuk meningkatkan nilai ekonomis dan harga kopi itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengolahan kopi, menganalisis pendapatan, keuntungan dan nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan Koffie Hideung yaitu biji kopi menjadi kopi sachet dan kopi premium. Penelitian dilaksanakan di CV Toean Koffie dari bulan April-Juli 2022. Responden penelitian adalah para pekerja di CV Toean Koffie. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan 1 industri pengolahhan dengan jumlah sampel 8 dari 10 pekerja di CV Toean Koffie. Alat analisis yang digunakan adalah analisis pendapatan, analisis keuntungan dan analisis nilai tambah menggunakan metode Hayami. Metode pengambilan data adalah wawancara berdasarkan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan pengolahan di CV Toean Koffie meliputi penyortiran, penyangraian, pendinginan, penggilingan, pencampuran bubuk kopi-gula, pengemasan, dan penyimpanan. Biaya total yang dikeluarkan perusahaan untuk pengolahan Koffie Hideung sebesar Rp 43.715.952,79 menghasilkan pendapatan sebesar Rp 62.872.445,68, dan total keuntungan sebesar Rp 19.156.492,89. Sehingga dapat dikatakan layak dan menguntungkan. Semua produk Koffie Hideung (robusta) memberikan nilai tambah. Kopi sachet tergolong nilai tambah sedang dengan rasio 39,68%. Sedangkan, produk kopi premium tergolong nilai tambah tinggi yaitu >40%.  Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa produk Koffie Hideung terdapat nilai tambah dan menguntungkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahman, H. (2022). Strategi Pelatihan Pengelolaan Umkm Guna Meningkatkan Kualitas SDM Pada UMKM Koffie Hideung di Desa Medalsari. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 1(1), 13–21.

Abubakar, Wathoni, & Asnah. (2021). Ekonomi Produksi Teori dan Aplikasi Fungsi Produksi Cobb-Douglas Dalam Bidang Pertanian. Gaung Persada.

Aimanah, U., & Vandalisna. (2019). Teknologi Penanganan dan Pengolahan Hasil Pertanian. http://repository.pertanian.go.id/handle/123456789/14290

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20–27.

Badan Standardisasi Nasional. (2008). Biji kopi Badan Standardisasi Nasional.

Dwi, K. (2022). Strategi Meningkatkan Produktivitas Pada UMKM di Desa Medalsari Pada Masa Pandemi COVID-19. Abdima Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Edvan, T. B., Edison, R., & Same, M. (2016). Pengaruh Suhu dan Lama Penyangraian pada. Jurnal AIP, 4(1), 31–40.

Febriyanti, Affandi, M. I., & Kalasum, U. (2017). Analisis Finasansial dan Nilai Tambah Agroindustri Keripik Pisang Skala UMKdi Kota Metro (Financial and Added Value Analysis of Micro and Small Scale Banana Chip Agroindustries in Metro City). JIIA, 5(1).

Hamidah, M., Yusra, A. H. A., & Sudrajat, J. (2015). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Kripik Ubi di Kota Pontianak. Jurnal Social Economic of Agriculture, 4(2).

Hasbullah, U. H. A., Nirwanto, Y., Sutrisno, E., Lismaini, Simarmata, M. M., Nurhayati, Rokhmah, L. N., Herawati, J., Setiawan, R. B., Xyzquolyna, D., Ferdiansyah, M. K., Anggraeni, N., & Dalimunthe, B. A. (2021). Kopi Indonesia (A. & S. J. Karim, Ed.; 1st ed.). Yayasan Kita Menulis. https://play.google.com/books/reader?id=k4FSEAAAQBAJ&pg=GBS.PR4

Hayami, Y., Kawagoe, T., Morooka, Y., & Siregar, M. (1987). Agricultural Marketing and Processing in Upland Java A Perspective From A Sunda Village.

Helmy, P. (2009). Teknologi Pengolah Hasil Pertanian. MEDIAGRO, 5(1), 15–19.

Hubais, M. (1997). Menuju Industri Kecil Profesional di Era Globalisasi Melalui Pemberdayaan nManajemen Industri.

Priantara, I. D. G. Y., Mulyani, S., & Satriawan, I. K. (2016). Analisis Nilai Tambah Pengolahan Kopi Arabika Kintamanibangli (Vol. 4, Issue 4). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1351351&val=947&title=ANALISIS%20NILAI%20TAMBAH%20PENGOLAHAN%20KOPI%20ARABIKA%20KINTAMANI%20BANGLI

Rahmawati, W., & Fariza, A. N. (2022). Perancangan Komputer Mini Untuk Meningkatkan Kualitas Umkm Coffie Hideung di Desa Medalsari. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 1(1), 140–145.

Reyne, M. (1987). les choix technoloques pour I’Enterprise: Diagnotic technique analyse de I’Environnement economique.

Sari, A. S., Awami, S. N., & Widiyanti, A. (2019). Analisis Usaha Pengolahan Kopi Robusta Di Kecamatan Gembong Kabupaten Pati (Business Analysis Of Processing Coffee Robusta In Gembong District Pati Regency). MEDIAGRO, 15(2), 97–111.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sulandjari, K., & Margaretha, J. (2021). Analisis Pendapatan Dan Nilai Tambah Pengolahan Kopi Sanggabuana Sachet Di Bumdes Buana Mekar Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang (Analysis of Income and Added Value of Sanggabuana coffee Prevessing in Bumdes Buana Mekar Mekarbuana Village Tegalwaru District Karawang). Jurnal Agrimanex, 2(1), 76–84.

Wijayanti, R., Arziyah, D., & Anggia, M. (2022). Analisis Nilai Tambah dan Kelayakan Non Finansial Minuman Teh Celup Kahwa Cassia Vera (Studi Kasus CV. Tiga Berlian). Jurnal Teknologi Dan Industri Pertanian Indonesia, 14(1), 39–44. https://doi.org/10.17969/jtipi.v14i1.20058

Winarno, S. T., & Darsono. (2019). Ekonomi kopi rakyat robusta di Jawa Timur (Yogi, Ed.; 1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/EKONOMI_KOPI_RAKYAT_ROBUSTA_DI_JAWA_TIMU/HbKhDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Ekonomi+kopi+rakyat+robusta+di+Jawa+Timur.&pg=PA153&printsec=frontcover

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-30

Cara Mengutip

Wanda Alifah Mutiara Salsabila, Abubakar, A., & Nur’azkiya, L. (2023). Analisis Nilai Tambah pada Produk Koffie Hideung (Studi Kasus di CV Toean Koffie) . Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension, 3(2), 95–110. https://doi.org/10.35706/agrimanex.v3i2.8637

Terbitan

Bagian

Volume 3 No 2

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama