Eksplorasi dan Karakterisasi Tanaman Padi Sawah (Oryza sativa L.) Kultivar Lokal di Kabupaten Poso

Penulis

  • Wan Priando Tampoma Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran Bandung
  • Tati Nurmala Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran Bandung
  • Meddy Rachmadi Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33661/jai.v2i2.1176

Abstrak

Padi merupakan tanaman pangan yang sangat memiliki peran penting dan merupakan makanan pokok hampir 90% manusia. Padi kultivar lokal memiliki produksi yang rendah, namun memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan varietas modern.Kultivar lokal memiliki banyak jenis yang dikembangkan oleh petani.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan mengkarakterisasi tanaman padi sawah (Oryza sativa L.) kultivar lokal di Kabupaten Poso.Penelitian dilakukan dalam dua tahap.Tahap pertama merupakan kegiatan ekplrasi dan tahap kedua merupakan tahap karakterisasi.hasil karakterisasi dilakukan analisis hubungan kekerabatan antar karakter morfologi dan agronomi dengan menggunakan program NTSYSpc 2.02 for Windows. Hasil eksplorasi kultivar lokal padi sawah di Kabupaten Poso menunjukkan terdapat 11 kultivar lokal yang menyebar 12 kecamatan. Hasil analisis dendogram berdasarkan karakter yang diamati bahwa kemiripan genetik 11 kultivar lokal padi sawah terbagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok A pada kemiripan genetik 45% (0,45), kelompok B pada kemiripan genetik 36% (0,36) dan kelompok C pada kemiripan 10% (0,10).

Kata kunci :Kultivar lokal, eksplorasi, karakterisasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Wan Priando Tampoma, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran Bandung

Indonesian Journal of Agrotech published the Biotechnology, Molecular Marker, Seed Technology, Plant Breeding, Plant Genetic Resouces, Pest and Diseases Science, Soil Science and AgroEcoTechnology.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-06-13

Cara Mengutip

Tampoma, W. P., Nurmala, T., & Rachmadi, M. (2018). Eksplorasi dan Karakterisasi Tanaman Padi Sawah (Oryza sativa L.) Kultivar Lokal di Kabupaten Poso. Jurnal Agrotek Indonesia (Indonesian Journal of Agrotech), 2(2). https://doi.org/10.33661/jai.v2i2.1176