Efektivitas Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata L.) Terhadap Kematian dan Perkembangan Populasi Kutu Daun (Aphis gossypii G.) Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frustescens L.) Dewata F1.

Penulis

  • Sugiarto Sugiarto Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Darso Sugiono Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dede Nasrudin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.33661/jai.v5i1.3542

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi yang tepat dari ekstrak daun sirsak kering (Annona muricata L) terhadap mortalitas dan pertumbuhan populasi aphis gossypii G. terhadap pertumbuhan dan hasil polong cabai (Capsicum frustescens L.) Dewata F1. Percobaan dilakukan di Kebun Percobaan Pusat Peramalan untuk Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT), Desa Balonggandu, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Percobaan dilakukan pada bulan Juli 2017 hingga Oktober 2017. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan perlakuan sebanyak 10 perlakuan dan diulang 3 kali, sehingga terdapat 30 percobaan polybag. Perlakuan meliputi A (kontrol), B (Pestisida Sintetis), C (Ekstrak Daun Sirsak 10 g / l), D (Ekstrak Daun Sirsak 30 g / l), E (Ekstrak Daun Sirsak 50 g / l), G (Sirsak Ekstrak Daun 90 g / l), H (Ekstrak Daun Sirsak 100 g / l), I (Ekstrak Daun Sirsak 130 g / l), J (Ekstrak Daun Sirsak 150 g / l). Hasil percobaan menunjukkan bahwa pengaruh konsentrasi ekstrak asam kering berpengaruh nyata terhadap mortalitas dan perkembangan populasi Aphiss gossypii G. terhadap kultivar lada varietas Dewata F1 pada 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 hari setelah penanaman terhadap mortalitas dan 7, 9, 11, 13, 15, dan 17 hari setelah penanaman pada pengembangan populasi. Kematian tertinggi dicapai dengan perlakuan I (Ekstrak Daun Sirsak 130 g / l) dengan kematian 93,33% dan tidak berbeda nyata dengan perlakuan B (Pestisida Sintetis) dengan mortalitas 100%. Pengembangan populasi terbaik dicapai dengan perlakuan A (pestisida sintetis) dengan pertumbuhan populasi 0,00 ekor dan tidak berbeda nyata dengan perlakuan J (Ekstrak Daun Sirsak 150 g / l) dengan pertumbuhan populasi 63,33 ekor.
Kata Kunci: Ekstrak Daun Sirsak, Kematian dan Perkembangan Populasi Serangga Daun dan Tanaman Cabai Rawit

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sugiarto Sugiarto, Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Pertanian, Jurusan Agroteknologi

Darso Sugiono, Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Pertanian, Jurusan Agroteknologi

Dede Nasrudin, Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Pertanian, Jurusan Agroteknologi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-05-11 — Diperbaharui pada 2020-10-26

Cara Mengutip

Sugiarto, S., Sugiono, D., & Nasrudin, D. (2020). Efektivitas Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata L.) Terhadap Kematian dan Perkembangan Populasi Kutu Daun (Aphis gossypii G.) Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frustescens L.) Dewata F1. Jurnal Agrotek Indonesia (Indonesian Journal of Agrotech), 5(1). https://doi.org/10.33661/jai.v5i1.3542