Uji Efektivitas Sistem Aerasi dan Dosis Vermikompos Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Baby Kailan (Brassica oleracea L var. acephala) Varietas New Veg-Gin pada Hidroponik Sistem Wick.

Penulis

  • Agung Dwi Julianto Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rommy Andhika Laksono
  • Rika Yayu Agustini

DOI:

https://doi.org/10.33661/jai.v6i1.4625

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh interaksi antara aerasi dan vermikompos terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman baby kailan (Brassica oleracea L var. aceplaha) varietas New Veg-Gin pada hidroponik sistem wick. Percobaan dilaksanakan di Desa Kepuh Karangpawitan, Karawang, Jawa Barat, pada bulan Juli hingga September 2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial. Terdapat dua faktor yang terdiri atas 10 perlakuan. Faktor pertama adalah pemberian aerasi yang terdiri dari 2 taraf, yaitu A0 (non aerasi) dan A1 (aerasi). Faktor kedua adalah dosis nutrisi vermikompos yang terdiri dari 5 taraf, yaitu P0 (AB mix), P1 (10ml), P2 (20ml), P3 (30ml), dan P4 (40ml). Tiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 30 unit percobaan. Pengaruh perlakuan di analisis ragam dan apabila uji F taraf 5% signifikan, maka dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test) pada taraf 5%. Hasil percobaan menunjukkan tidak terdapat interaksi antara pemberian taraf perlakuan sistem aerasi dan pemberian dosis vermikompos terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman baby kailan. A0 memberikan hasil tertinggi terhadap bobot segar tanaman 10,61 g. P1 memberikan hasil tertinggi terhadap bobot segar tanaman 9,88 g tidak berbeda nyata dengan dosis vermikompos lainnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-03-30

Cara Mengutip

Dwi Julianto, A., Laksono, R. A. ., & Agustini, R. Y. (2021). Uji Efektivitas Sistem Aerasi dan Dosis Vermikompos Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Baby Kailan (Brassica oleracea L var. acephala) Varietas New Veg-Gin pada Hidroponik Sistem Wick. Jurnal Agrotek Indonesia (Indonesian Journal of Agrotech), 6(1), 1–7. https://doi.org/10.33661/jai.v6i1.4625

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama