Efektifitas PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) terhadap Pertumbuhan Anakan Kayu Putih (Malaleuca cajuputi Powell)

Penulis

  • Sri Wilujeng Fakultas Kehutanan, Universitas Winaya Mukti
  • Rian Susila Fakultas Kehutanan Universitas Winaya Mukti
  • Metta Wangi Fakultas Kehutanan Universitas Winaya Mukti
  • Ina Darlina Fakultas Kehutanan Universita Winaya Mukti
  • Raizal Fahmi Solihat Fakultas Kehutanan Universitas Winaya Mukti

DOI:

https://doi.org/10.33661/jai.v6i2.5149

Abstrak

Bibit pohon kayu putih unggul yang berasal dari perbanyakan generatif dibutuhkan saat ini  untuk menjadi pohon produksi minyak kayu putih, pohon indukan untuk sumber bahan stek atau sebagai pohon konservasi. Selain faktor genetik yang unggul, pemberian PGPR dari akar bambu dengan konsentrasi yang tepat pada anakan kayu putih dapat menghasilkan bibit generatif yang lebih siap untuk menjadi pohon unggul. Dengan demikian, diperlukan penelitian  untuk menentukan konsentrasi PGPR terbaik bagi pertumbuhan bibit kayu putih. Penelitian ini dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan perlakuan variasi konsentrasi PGPR pada anakan kayu putih. Parameter pengukuran adalah tinggi anakan dan panjang akar anakan. Kosentrasi PGPR 90 ml/l merupakan konsentrasi yang paling efektif, tetapi belum mencapai konsentrasi PGPR optimum. Terdapat korelasi positif antara panjang akar anakan dengan tinggi anakan kayu putih. Masih diperlukan penentuan konsentrasi PGPR yang  optimum untuk menghasilkan bibit kayu putih yang berkualitas baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-07-31

Cara Mengutip

Wilujeng, S., Susila, R., Wangi, M., Darlina, I. ., & Fahmi Solihat, R. . (2021). Efektifitas PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) terhadap Pertumbuhan Anakan Kayu Putih (Malaleuca cajuputi Powell) . Jurnal Agrotek Indonesia (Indonesian Journal of Agrotech), 6(2), 29–33. https://doi.org/10.33661/jai.v6i2.5149