Pengaruh Pemberian Berbagai Konsentrasi NAA (Naphthalene Acetic Acid) dan BAP (Benzyl Amino Purine) terhadap Multiplikasi Tunas Tanaman Tebu (Saccharum Officinarum L.)

Penulis

  • Isna Lutfiani universitas singaperbangsa karawang
  • Ani Lestari
  • Nurcahyo Widyodaru
  • Sri Suhesti

DOI:

https://doi.org/10.33661/jai.v7i1.6111

Abstrak

Tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan salah satu komoditas perkebunan yang bernilai ekonomis cukup tinggi karena sebagai bahan baku utama dalam pembuatan gula. Perbanyakan tanaman tebu umumnya dilakukan secara vegetatif menggunakan setek, namun metode tersebut memiliki kekurangan. Multiplikasi tunas dengan teknik kultur in vitro merupakan teknik alternatif untuk memperbanyak bibit tebu yang berkualitas, dalam jumlah yang besar dan waktu yang singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh konsentrasi NAA dan BAP terhadap multiplikasi tunas tanaman tebu (Saccharum officinarum L.). Penelitian dilakukan di Laboratorium Unit Pengelola Benih Unggul Pertanian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Bogor dari bulan Juni sampai Agustus 2021. Bahan tanaman tebu yang digunakan adalah daun muda varietas AMS yang masih menggulung. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun secara factorial, dengan 12 perlakuan dan diulang lima kali. Eksplan dikulturkan selama 8 minggu pada media MS dengan konsentrasi NAA (0 ppm, 0.5 ppm, dan 1 ppm), dan BAP (0 ppm, 1 ppm, 2 ppm, dan 3 ppm). Parameter yang diukur adalah waktu munculnya tunas, jumlah tunas, panjang tunas, jumlah daun, waktu munculnya akar, jumlah akar, panjang akar, dan warna tunas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji ANOVA pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara NAA dan BAP dalam menacu pertumbuhan Saccharum officinarum L. Kombinasi antara NAA 0 ppm dan BAP 2 ppm merupakan kombinasi terbaik dalam waktu munculnya tunas, jumlah tunas, dan jumlah daun. Sementara itu, kombinasi antara NAA 1 ppm dan BAP 0 ppm disarankan untuk memacu jumlah akar dan panjang akar Saccharum officinarum L.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-13

Cara Mengutip

Lutfiani, I., Lestari, A. ., Widyodaru, N. ., & Suhesti, S. . (2022). Pengaruh Pemberian Berbagai Konsentrasi NAA (Naphthalene Acetic Acid) dan BAP (Benzyl Amino Purine) terhadap Multiplikasi Tunas Tanaman Tebu (Saccharum Officinarum L.). Jurnal Agrotek Indonesia (Indonesian Journal of Agrotech), 7(1), 49–57. https://doi.org/10.33661/jai.v7i1.6111