Meningkatkan Kemampuan Dan Keterampilan cabang olahraga Pencak silat
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan olahraga pencak silat
DOI:
https://doi.org/10.35706/dorkes.v3i1.13218Kata Kunci:
Pencak silat, keterampilan, meningkatkan, seniAbstrak
Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam cabang olahraga Pencak Silat melalui pendekatan edukatif, partisipatif, dan aplikatif. Penyuluhan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2025 di Kampus 2 Universitas Singaperbangsa Karawang dengan melibatkan 17 peserta dari UKM Pencak Silat UNSIKA. Metode pelaksanaan meliputi pre-test, penyampaian materi interaktif, post-test, dan sharing session. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai peserta dari 62,5 menjadi 76,7, atau terjadi peningkatan sebesar 22,7%. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan penyuluhan berjalan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta terhadap teknik, strategi, serta nilai-nilai sportivitas dalam Pencak Silat. Dengan demikian, kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan dan kepercayaan diri peserta dalam mengembangkan potensi diri di bidang olahraga Pencak Silat.
Abstract : This outreach activity aims to improve the abilities of participants in the sport of Pencak Silat through an educational, participatory, and applied approach. The outreach was held on October 21, 2025 at Campus 2, Singaperbangsa University, Karawang, involving 17 participants from the Pencak Silat Student Activity Unit (UKM) UNSIKA. The implementation method included a pre-test, interactive material delivery, a post-test, and a sharing session. The results of the activity showed an increase in the average score of participants from 62.5 to 76.7, or an increase of 22.7%. This indicates that the outreach activity was effective in improving participants' understanding and skills regarding techniques, strategies, and sportsmanship values in Pencak Silat. Thus, this activity had a positive impact on increasing the abilities and self-confidence of participants in developing their potential in the field of Pencak Silat.
Unduhan
Referensi
Lubis, J. (2004). Pencak Silat Panduan. Praktis. Jakarta: PT Raja.
Mulyana. (2013). Pendidikan Pencak Silat. PT Remaja Rosdakarya.
Gristyutawati, A. D., Purwono, E. P., & Widodo, A. (2012). Persepsi Pelajar Terhadap Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Bangsa Sekota Semarang Tahun 2012. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(3), 129–135.
Purbodjati. (2018). Pencak Siat Membentuk Kualitas Manusia Indonesia Berkarakter Jati Diri Bangsa. 1–19. Retrieved from www.purbodjati@gmail.com/blogspot.
Maksum, A., Suroto, & Mahardika, I. M. S. (2016). Dari Konflik Kekerasan Menuju Perdamaian : Abstrak Pendahuluan. (June), 1–11.
Marsh, H., & Shavelson, R. J. (1985). Self Concept: Its Multifaceted, Hierarchial Structure. Vol. 20(No. 3), 107–123.
Cashmore, E. (2008). Sport and Exercise Psychology: The Key Concepts. In Sport and Exercise Psychology: The Key Concepts (Second Edi).
Gana, K. (2012). Psychology of self-concept. In K. Gana (Ed.), Psychology of Self Concept.
Shavelson, R. J., & Bolus, R. (1981). Self concept: The Interplay of Theory and Methods. Journal of Educational Psychology, 74(1), 3–17.
Wulan Fitri Utami. (2013). Analisis Pembinaan Atlet Kelas Remaja Cabang Olahraga Pencak Silat Di Kelas Olahraga Smp Negeri 1 Suboh Kabupaten Situbondo. Jurnal Mahasiswa Unessa, 2(1), 59.
Yuliana Ratmawati, D. (2016). Pengaruh Latihan Swiss Ball Terhadap Peningkatan Fleksibilitas Trunk pada Remaja Putri Usia 17-21 Tahun. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, 4(1), 22.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Berlian Silalahi, Abdullah Dimas Tiar, Ghozian Muhamad Sidqi, Dias Patut Pradana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.