Implementasi Edukasi Pelatih I-Fit Indonesia Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Sosial Dan Profesional
DOI:
https://doi.org/10.35706/dorkes.v3i1.13319Kata Kunci:
elderly, exercise, mental health, education, physical fitness, fitness, professional competence, social competence, trainer education, I-Fit IndonesiaAbstrak
Program edukasi pelatih menjadi aspek krusial dalam industri kebugaran yang berkembang pesat, karena pelatih dituntut memiliki kompetensi sosial dan profesional yang memadai untuk memberikan layanan berkualitas. Peningkatan kualitas pelatih penting dilakukan untuk memastikan standar latihan yang aman, efektif, dan sesuai kebutuhan klien. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan total sampling terhadap 15 pelatih aktif di I-Fit Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi I-Fit Indonesia berperan signifikan dalam meningkatkan wawasan, kompetensi sosial, serta kemampuan profesional pelatih. Indikator tertinggi muncul pada aspek komunikasi, sikap interpersonal, pemahaman anatomi, serta kemampuan memastikan keselamatan klien. Temuan ini menegaskan bahwa edukasi berkelanjutan berkontribusi besar terhadap peningkatan kualitas layanan pelatih kebugaran. Dengan demikian, program edukasi terstruktur dan aplikatif sangat penting untuk menjamin profesionalitas pelatih dan keberlanjutan mutu layanan kebugaran.
Unduhan
Referensi
Afriani Khasanah, D., Triandari, L., Valentia Feby, R., & Theo Lazuardi, G. (2023). Edukasi Penanganan Cedera Olahraga Pada Atlet Taekwondo Di Kids Smansa Club. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpp/article/view/7024
Akbar, M., Perdana, D. A., Jumah, A. W. Q., Jendo, V. L., & Ansalmi, T. (2021). WORKSHOP PENANGANAN CEDERA OLAHRAGA. Jurnal Physio Education Indonesia, 1(1), 1–3.
Antrenament, •, Obiective, •, Principii, •, Metode, •, Exerci˜ii, •, Programe, •, Mănescu, F., & Mănescu, D. (2025). Fitness.
Fariz, M., & Dewangga, M. W. (2020). SURVEY STUDY: ANALISIS KOMPETENSI PELATIH KEBUGARAN FITNESS CENTER DI WILAYAH JAKARTA SELATAN. Jurnal Olahraga Dan Prestasi, 7(1), 41–45. https://www.researchgate.net/publication/345162151_SURVEY_STUDY_ANALISIS_KOMPETENSI_PELATIH_KEBUGARAN_FITNESS_CENTER_DI_WILAYAH_JAKARTA_SELATAN
Geralda Adhianto, K., Ahmad Arief, N., & Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, P. (2023). HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA THE RELATIONSHIP OF PHYSICAL ACTIVITY TO PHYSICAL FITNESS OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(2).
Hikma, S., Salsabila, S., Nurmala, S., Puspasari, H., Rachmawati, D., & Mangundjaya, W. (2025). Efektivitas Program Training of Trainers (TOT) Dalam Pengembangan Keterampilan Manajemen Waktu. Krepa: Kreativitas Pada Adimas, 6(8), 41–50. https://doi.org/10.34743/stcdb176
Listiandi, A. D., Rilastiyo Budi, D., Festiawan, R., Nugraha, R., Faozi, F., & Bakhri, R. S. (2020). Hubungan Body Fat Dan Physique Rating Dengan Cardiorespiratory Fitness Mahasiswa. Jurnal Menssana, 5(1), 78–86. https://doi.org/10.24036/jm.v%vi%i.144
Loviani, S. D., Ma’mun, A., & Kusnaeni, N. (2023). Penerapan Model Health Related Fitness Dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Kebugaran Jasmani Dan Pola Hidup Aktif Pada Siswa. Jurnal MensSana Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Olahraga Edition, 8(1), 90–95. https://doi.org/10.24036/MensSana.08012023.12
Monzera, M. A. (2023). HUBUNGAN PERILAKU GAYA HIDUP SEHAT TERHADAP KEBUGARAN JASMANI USIA DEWASA DI FASILITAS OLAHRAGA SUMMIT GYM KOTA SEMARANG. Juru Rawat. Jurnal Update Keperawatan, 2(2), 12–24. https://doi.org/10.31983/juk.v2i2.8810
Priambudi, A. D., & Supriatna. (2025). ANALISIS HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL PELATIH DENGAN PRESTASI ATLET RENANG USIA 11–12 TAHUN. Jurnal Edukasi Citra Olahraga, 5(3), 407–416. https://doi.org/10.38048/jor.v5i3.5552
Sartono, S., Hadiana, O., & Adityatama, F. (2021). Pelatihan Penanganan Pertama Cedera Olahraga. Jurnal ABDIMAS : MURI, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33222/jmuri.v1i1.1157
Sudarwanto, S., & Rahman, Y. (2021). Pengaruh Kompetensi Instruktur, Motivasi, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Studio Yoga di Jakarta). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 3(1), 20–27. https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i1.1840
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Farhan Kurniawan, Kinan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.