Simulasi Sistem Pelayanan Pemesanan Kedai Kopi XYZ Cabang Sidewalk - Jimbaran

Penulis

  • Ni Made Cyntia Utami Program Studi Teknik Industri, Universitas Udayana
  • Bryan Estavan Imanuel Sitanggang Program Studi Teknik Industri, Universitas Udayana
  • I Wayan Ananta Widhiatmika Program Studi Teknik Industri, Universitas Udayana
  • Ni Nengah Trisna Wahyuni Program Studi Teknik Industri, Universitas Udayana
  • Ni Ketut Indah Aryani Program Studi Teknik Industri, Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.35261/gijtsi.v5i01.11321

Abstrak

Pemodelan sistem nyata ke dalam suatu model dilakukan dengan sistem simulasi, yang merupakan suatu cara  untuk  menirukan  sistem  nyata  dengan  sifat  yang  lebih mudah untuk diamati daripada sistem aslinya. Suatu sistem dapat menghasilkan antrian apabila adanya keterlambatan pelayanan seperti yang terjadi pada sebuah kedai kopi. Kedai Kopi XYZ adalah salah satu merek kopi yang terkenal di Indonesia. Lokasi penelitian yang dilakukan yaitu di Kedai Kopi XYZ cabang Sidewalk, Jimbaran. Alasan tempat tersebut  dijadikan lokasi penelitian karena terdapatnya antrian pada sistem pelayanannya serta adanya pelanggan yang meninggalkan antrian sebelum dilayani. Pegawai yang telah diwawancarai mengatakan bahwa beberapa pelanggan yang komplain mengenai lokasi yang tidak terlalu luas yang mengakibatkan mengantri hingga area luar kedai kopi.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi antrianm dengan melakukan perbaikan terhadap lokasi pada sistem. Data antrian yang telah didapat dari lapangan selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan Stat::Fit dan ProModel. Ketika sistem dengan data yang ada dilakukan run simulation masih terdapat blocked pada Entity States serta terdapat full atau bottleneck pada Multiple Capacity Location States. Hasil dari simulasi perbaikan yaitu perbaikan pada location yang terdapat dalam sistem berupa penambahan kapasitas tiap lokasi untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya antrian. Dengan mengubah kapasitas yang ada akan dihasilkan block dan full yang minim dan dapat dikatakan wajar dalam sistem. Dengan demikian, sistem model pada Kedai Kopi XYZ cabang Sidewalk, Jimbaran dapat disimpulkan dapat bekerja dengan optimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. Z. Zubir, F. Andini, M. Ridho, and Y. Filki, “Simulasi Sistem Pelayanan Rawat Jalan Pasien menggunakan Simulasi Kejadian Diskrit (Des),” Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, pp. 160–165, Sep. 2022, doi: 10.37034/infeb.v4i4.165.

N. Rahmawati and D. S. Donoriyanto, “Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Penumpang Busway,” Waluyo Jatmiko Proceeding, pp. 441–450, Nov. 2023, doi: 10.33005/wj.v16i1.66.

B. Nindy Virgiani and W. Nur Aeni, “Pengaruh Pelatihan Siaga Bencana dengan Metode Simulasi terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana : Literature Review.” [Online]. Available: http://jkp.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/bnj/index

D. Mourtzis, “Simulation in the design and operation of manufacturing systems: state of the art and new trends,” Int J Prod Res, vol. 58, no. 7, pp. 1927–1949, Apr. 2020, doi: 10.1080/00207543.2019.1636321.

A. Sidik, “Usulan Minimalisi Antrian Proses Pemuatan Pupuk dengan Simulasi di PT. Petrosida Gresik,” Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik, 2019.

M. Azhari Isfirory and A. Suseno, “Peningkatan Service Level pada Sistem Antrian Pengambilan Obat di Puskesmas Bojong Rawalumbu Menggunakan Metode Simulasi Increasing Service Level in Queuing System of Taking Medicine at Public Health Center Bojong Rawalumbu Using Simulation Method,” 2021.

W. B. Laksana, A. Febriani, and D. Rachmawaty, “Pemodelan dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Server Terhadap Pelanggan Percetakan XYZ Menggunakan Arena,” journal of Industrial Engineering and Technology, vol. 1, no. 2, pp. 80–86, 2021.

F. Y. Panjaitan, W. Winarno, and F. N. Azizah, “Usulan Peningkatan Kualitas Imprabox Menggunakan Pendekatan Lean Six Sigma dengan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus: Perusahaan Packaging),” Go-Integratif : Jurnal Teknik Sistem dan Industri, vol. 3, no. 02, pp. 136–150, Nov. 2022, doi: 10.35261/gijtsi.v3i02.7565.

Bambang Herry Purnomo et al., “Model Sistem Antrian pada Pelayanan Restoran Cepat Saji (Studi Kasus di KFC Gajah Mada Kabupaten Jember) Model of Queuing System at Fast Food Restaurant Service (Case Study in KFC Gajah Mada Jember Regency),” 2021.

K. Kurniawan and D. Andesta, “Analisis Simulasi Sistem Antrian Pemesanan Makanan Pada Warung Apung Rahmawati Gresik,” JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri, vol. 3, no. 3, pp. 368–376, 2023.

D. Satya Kusuma, E. W. Liwangsa, M. Bryant, T. Wijaya, and A. Sugioko, “Simulasi Sistem Rantai Pasokan Studi Kasus Produk Telepon di PT XYZ dengan ProModel,” (SENTEKMI) Seminar Nasional Teknik dan Manajemen Industri dan Call for Paper Hebring, Jakarta Utara, vol. 4, no. 1, 2023. [Online]. Available: http://jik.htp.ac.id

A. Mahessya, L. Mardianti, and R. Sovia, “Pemodelan dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Pelanggan Menggunakan Metode Monte Carlo pada PT POS INDONESIA (PERSERO) Padang ,” 2017.

A. Fauzi, Amrullah, and N. Kurniati, “Optimalisasi Pelayanan Pengisian Bahan Bakar Menggunakan Simulasi Monte Carlo pada SPBU di Kota Mataram,” Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 2020.

C. Checa Putra Hardiyanto, S. Rennard Tirtawijaya, C. Kenny Yandra, and A. Maxwell, “Pemodelan dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Server Terhadap Pelanggan Percetakan XYZ Menggunakan ARENA,” Seminar Nasional Teknik dan Manajemen Industri, 2021.

R. Cornellia, “Analisis Antrian pada Loket Pembuatan Elektronik KTP dengan Menggunakan Simulasi ProModel,” Jurnal String, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-30

Cara Mengutip

[1]
N. M. C. Utami, B. E. I. Sitanggang, I. W. A. Widhiatmika, N. N. T. . Wahyuni, dan N. K. I. . Aryani, “Simulasi Sistem Pelayanan Pemesanan Kedai Kopi XYZ Cabang Sidewalk - Jimbaran”, GIJTSI, vol. 5, no. 01, hlm. 36–51, Mei 2024.