Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Artikel yang dikirim belum pernah dipublikasikan sebelumnya, atau tidak sedang proses REVIEW di jurnal lain, atau belum pernah dikirim ke jurnal lain.
  • File naskah dalam format file dokumen MS-Word.
  • Artikel yang dikirim sudah bebas PLAGIARISME dan pelanggaran Hak Cipta lainnya
  • Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  • Penulisan artikel sesuai dengan template yang telah ditetapkan dan petunjuk lain dalam Panduan Penulis, yang dapat ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  • Semua penulis yang didaftarkan ke sistem adalah sama dengan yang tertulis di naskah.

Panduan Penulis

Go-Integratif : Jurnal Teknik Sistem dan Industri (GIJTSI) merupakan jurnal ilmiah dengan ruang lingkup semua bidang kajian yang termasuk ke dalam disiplin Teknik Sistem dan Industri yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang sejak 2020. Jurnal ini terbit dua kali setahun setiap Mei dan November.

Petunjuk Umum Penulisan Artikel

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, dan khusus bagian abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  2. Naskah ditulis menggunakan ejaan dan tata bahasa yang benar sesuai bahasa yang digunakan.
  3. Dalam penulisan artikel, diutamakan menggunakan kata bahasa Indonesia yang baku sesuai KBBI dan tanpa menyebutkan istilah asingnya, dan jika tidak temukan istilah tersebut maka istilah asing dapat dipergunakan dengan ditulis italic.
  4. Naskah ditulis pada halaman berukuran (kertas) A4 (210 x 297 mm) dan dengan left margin = 30 mm, right margin = 20 mm, bottom margin = 20 mm, top margin = 30 mm, gutter = 0 mm.
  5. Layout naskahnya dengan header = 17,5 mm, footer = 17,5 mm, dan orientasinya portrait dengan normal margin.
  6. Naskah ditulis dengan jenis font Century Schoolbook.
  7. Judul artikel ditulis dengan Capitalize Each Word kecuali untuk kata penghubung ukuran font 14 bold dan centered alignment.
  8. Nama penulis (tanpa gelar) ditulis dengan ukuran font 11 bold dan centered alignment, selanjutnya di baris berikutnya diikuti nama afiliasi dan alamatnya dengan ukuran font 10 dan centered alignment.
  9. Jika penulis-penulisnya berasal dari satu afiliasi tidak perlu ada penomoran penulis, namun Jika mereka berasal dari afiliasi yang berbeda-beda maka perlu diberikan nomor secara berurutan sesuai afiliasinya dan dituliskan langsung tanpa spasi setelah kata terakhir dari namanya dengan effect superscript ( misal: Penulis1 ), dan berikan tanda bintang ( * ) untuk penulis korespondensi setelah nomor afiliasi penulis (misal: Penulis1* )
  10. Jarak antar baris dalam paragraf dan daftar pustaka adalah satu spasi, sedangkan jarak baris judul dengan baris nama penulis, baris nama penulis dengan baris afiliasi dan alamatnya, baris kalimat pertama dengan baris judul bab/subbabnya, dan baris judul bab/subbab berikutnya dengan baris terakhir dari paragraf di bab/subbab sebelumnya dan jarak baris antar bagian lainnya harus mengikuti format seperti yang telah disajikan dalam Template Artikel.
  11. Gambar dan tabel diletakkan centered alignment dan perlu dirujuk dalam teks (paragraf), misalnya: Gambar 1 menunjukkan …, seperti disajikan dalam Tabel 1 (kata “Gambar” dan “Tabel” harus diawali huruf besar).
  12. Setiap gambar harus jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus dicetak dengan jelas).
  13. Keterangan (nomor dan nama gambar) setiap gambar harus diletakkan di bagian bawah gambar dan serial bernomor angka Arab diikuti dengan judul gambar dan diletakkan centered alignment; misalnya: Gambar 1. Jumlah pengeluaran bulanan.
  14. Tabel tidak boleh berisi garis vertikal, sedangkan garis horizontal hanya diberikan dalam heading tabel dan di bagian bawah tabel. Tabel tidak boleh gambar tabel yang di-screenshoot. Judul kolom (baris) di dalam tabel ditulis Sentence case.
  15. Keterangan (nomor dan nama tabel) setiap tabel harus diletakkan di atas tabel dan serial bernomor angka Arab diikuti dengan judul tabel, misalnya: Tabel 1. Pengeluaran bulanan.
  16. Keterangan gambar dan tabel menggunakan font ukuran 10.
  17. Penulisan untuk persamaan matematis maupun teorema harus menggunakan equation editor di MS-Word dan diberi nomor secara berurutan, dan dimulai dengan (1) sampai akhir makalah termasuk appendix. Penomoran ini harus diawali dan diakhiri dengan tanda kurung. Penjelasan dari persamaan maupun teorema harus ditulis italic.

Petunjuk Khusus Penulisan Artikel

  1. Judul artikel harus dituliskan secara singkat dan jelas; harus menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan; tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam; tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan.
  2. Abstrak hendaknya dibuat tidak melebihi 200 kata, dan berisikan penjelasan fenomena, tujuan, sampel, metodologi, temuan penelitian secara umum, dan kesimpulan.
  3. Tuliskan hingga 6 kata kunci; setiap kata kunci ditulis Sentence case; antar kata kunci dibatasi dengan tanda titik koma ( ; ) dan setelah kata kunci terakhir tanpa diakhiri tanda titik ( . ).
  4. Struktur artikel terdiri dari: judul diikuti nama penulis dan afiliasinya, abstrak, kata kunci, isi artikel, daftar pustaka, ucapan terima kasih (jika diperlukan) dan appendix (jika diperlukan).
  5. Mulai terbitan Vol. 2, No. 1, 2021, struktur isi artikel mengikuti pola introduction, method, result and discussion (IMRAD), sehingga urutan babnya menjadi: Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, dan Kesimpulan.
  6. Bagian Pendahuluan menguraikan secara jelas tentang: (i) latar belakang umum kajian; (ii) state of the art (kajian review literatur singkat) mengenai penelitian-penelitian sebelumnya (yang mirip) untuk menjustifikasi kebaruan dari suatu artikel; (iii) gap analysis atau pernyataan kesenjangan atau kebaruan (novelty statement) atau beda unik penelitian saat ini dibanding penelitian-penelitian sebelumnya; (iv) permasalahan dan/atau hipotesis (jika ada); (v) pendekatan penyelesaian masalah (jika ada); (vi) hasil yang diharapkan atau tujuan penelitian; (vii) struktur isi artikel yang ditulis urutan pembahasan bab-bab berikutnya setelah pendahuluan sampai kesimpulan (jika diperlukan).
  7. Bagian Metode atau tata kerja penelitian ditulis secara jelas dan jika perlu dapat ditambahkan bagan alir, usulan model matematis, pseudocode ataupun algoritma.
  8. Bagian Hasil dan Pembahasan memuat: data yang digunakan; hasil pengolahan data; dan pembahasan dikaitkan dengan tujuan penelitian atau hipotesis, perbandingan dengan hasil penelitian sejenis. Dalam bagian ini dapat dilengkapi tabel ataupun gambar dan dapat juga ditambahkan implikasi hasil penelitian baik teoretis maupun aplikatif.
  9. Bagian Kesimpulan berisi secara singkat dan jelas tentang: (i) cukup menjawab permasalahan atau tujuan penelitian; (ii) juga merupakan simpulan dari penulis secara logis dan jujur berdasarkan fakta yang diperoleh; (iii) dapat ditambahkan saran.
  10. Seluruh isi kesimpulan dalam artikel ditulis dengan menggunakan paragraf, bukan dalam bentuk numbering ataupun bullet.
  11. Seluruh referensi yang dirujuk, minimal 80% bersumber dari jurnal ilmiah dengan kemutakhiran 10 tahun terakhir dan setidaknya mencakup 11 hingga 25 daftar pustaka yang digunakan. Penulisan referensi di dalam teks maupun di daftar pustaka harus dibuat dengan menggunakan aplikasi reference manager (seperti Mendeley, EndNote, Zotero, dan sejenisnya) dengan style IEEE.

Template Artikel

Artikel yang akan dikirimkan ke redaksi GIJTSI harus ditulis dalam format MS-Word dan mengikuti petunjuk penulisan artikel serta sesuai dengan Template Artikel yang telah disediakan.

Peninjauan (Review) Artikel

Artikel yang masuk ke redaksi GIJTSI akan ditinjau dengan proses sebagai berikut:

  1. Sebelum artikel dikirim ke mitra bestari tim redaksi akan melakukan: cek similarity dengan ketentuan nilai similarity diijinkan maksimal 25%, verifikasi kesesuaian topik artikel dengan ruang lingkup GIJTSI, dan kesesuaian penulisan artikel dengan Template Artikel. Dari ketiga hal tersebut, jika ditemukan ketidaksesuaian yang signifikan maka akan mengakibatkan pengembalian artikel dan memberikan kesempatan penulis untuk memperbaikinya atau penolakan artikel ke penulis.
  2. Proses review artikel dilakukan secara double blind review oleh minimal dua mitra bestari.
  3. Tim redaksi GIJTSI memiliki wewenang penuh untuk memutuskan bahwa artikel ditolak, perlu revisi, atau diterima dengan tetap mempertimbangkan rekomendasi dari mitra bestari.

Revisi Artikel

Jika penulis diberikan kesempatan untuk merevisi artikelnya, maka penulis wajib mengirimkan dua file, yaitu (i) file artikel revisi di mana bagian-bagian yang direvisi perlu diberikan tanda (text highlight color atau font color) dan (ii) file respon yang berisi point-to-point antara komentar/saran dan respon/jawaban perbaikan.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.