Sistem Pembayaran Berbasis Web di Kantin Universitas Pertamina

Penulis

  • Arina Meitri Logistics Engineering, Universitas Pertamina
  • Daniel Fetrick Logistics Engineering, Universitas Pertamina
  • Disa Maya Logistics Engineering, Universitas Pertamina
  • Muhammad Qory Logistics Engineering, Universitas Pertamina
  • Nurul Isnaeni Logistics Engineering, Universitas Pertamina
  • Adji Candra Kurniawan Logistics Engineering, Universitas Pertamina
  • Nanda Ruswandi Logistics Engineering, Universitas Pertamina
  • A. A. N. Perwira Redi Department of Industrial Engineering, Binus Graduate Program, Binus University

DOI:

https://doi.org/10.35261/gijtsi.v1i01.4157

Abstrak

Perkembangan teknologi dapat mempermudah manusia melakukan aktivitasnya, salah satu pemanfaatan teknologi tersebut adalah membantu dalam proses pembayaran. Artikel ini menyajikan tahapan dalam pembangunan sistem pembayaran berbasis web di kantin Universitas Pertamina yang nantinya akan berfungsi untuk memudahkan dalam proses pemesanan makanan, memudahkan pemilik untuk mengecek hasil penjualan mereka dan juga meminimalkan antrian dalam pemesanan sehingga mampu memproses pesanan dengan cepat dan tepat. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara kepada pemilik kantin di Universitas Pertamina dan menggunakan beberapa studi literatur diharapkan dapat memenuhi keinginan dan harapan untuk mempermudah pemesanan dan pembayaran di kantin Universitas Pertamina ini. Bahasa pemrograman untuk aplikasi sistem pembayaran di Universitas Pertamina menggunakan MySQL untuk basis data, phpMyAdmin untuk mengelola database MySQL, javascript digunakan sebagai bahasa pemrograman, dan XAMPP versi 7.4.4.XAMPP merupakan sebuah paket program yang memuat Apache web server di dalamnya. Paket program ini dapat digunakan pada jaringan komputer lokal sehingga dapat digunakan untuk melayani tampilan halaman web dan mampu membangun sebuah prototype aplikasi sistem pembayaran. Hal ini sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh para pemilik kantin seperti data supplier, jumlah customer, products, jumlah transaksi pada hari ini dan juga reports untuk melihat rekap transaksi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Universitas Pertamina, “Sejarah – Universitas Pertamina,” universitaspertamina.ac.id, 2020. https://universitaspertamina.ac.id/sejarah/ (accessed Nov. 26, 2020).

S. Nurhayati, “Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Elektronik Pada Kantin XYZ,” Komputika J. Sist. Komput., vol. 8, no. 1, pp. 25–29, 2019.

A. Budirahma, T. Rizal, and H. Vidyaningtyas, “Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Transaksi Kantin Fakultas Teknik Universitas Telkom Berbasis Android,” eProceedings Eng., vol. 1, no. 1, pp. 462–469, 2014.

A. Rochman, A. Sidik, and N. Nazahah, “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web di SMK Al-Amanah,” J. Sisfotek Glob., vol. 8, no. 1, 2018.

K. R. T. dan P. T. KEMENRISTEK, “SRV4 PDDIKTI : Pangkalan Data Pendidikan Tinggi,” forlap.ristekdikti.go.id, 2020. https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi/detail/RkM0OTE1OUUtQTVDNy00QkUyLUIxRjktNTg1RDQwNzNFODhC (accessed Nov. 26, 2020).

A. Fatah Rusdi, “E-Kantin Unikom Sebagai Layanan Pemesanan Berbasis Web,” Universitas Komputer Indonesia, 2018.

E. Astriyani, M. M. Sari, and H. Herman, “Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Spp Berbasis Web Menggunakan Notifikasi SMS Gateway (Studi Kasus: SMP Puspita Tangerang),” J. Cerita, vol. 6, no. 1, pp. 106–116, 2020.

W. Abdillah and J. Hartono, Partial Least Square (PLS): alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis, 1st ed., vol. 22. Yogyakarta, 2015.

H. M. Jogiyanto, Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis), 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.

A. Oktaviani, D. Sarkawi, and A. Priadi, “Perancangan Aplikasi Penjualan Dengan Metode Waterfall Pada Koperasi Karyawan Rsud Pasar Rebo,” PETIR J. Pengkaj. dan Penerapan Tek. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 9–24, 2018.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

S. T. Safitri and D. Supriyadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web dengan Metode Waterfall,” J. Infotel, vol. 7, no. 1, pp. 69–74, 2015.

P. P. Widodo and H. Prabowo, “Menggunakan Uml,” Bandung Inform., vol. 19, pp. 393–403, 2011.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

[1]
A. Meitri, “Sistem Pembayaran Berbasis Web di Kantin Universitas Pertamina”, GIJTSI, vol. 1, no. 01, hlm. 34–52, Nov 2020.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama