Penentuan Rute Distribusi Menggunakan Model Integer Linear Programming dengan Metode Branch and Bound

Penulis

  • Gratia Melina Sari Program Studi Teknik Industri, Universitas Kristen Maranatha
  • Rainisa Maini Heryanto Program Studi Teknik Industri, Universitas Kristen Maranatha
  • Santoso Program Studi Teknik Industri, Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.35261/gijtsi.v1i01.4265

Abstrak

Biaya distribusi merupakan biaya yang dapat diminimalisasi perusahaan. Biaya distribusi dalam jaringan distribusi memiliki kontribusi 10% sampai 20% dari biaya akhir barang. Salah satu cara untuk meminimalisasi biaya distribusi adalah menentukan rute distribusi yang optimal yang memberikan total biaya minimum. Penelitian ini membahas penentuan rute distribusi menggunakan model Integer Linear Programming untuk menyelesaikan masalah Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW). Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah Branch and Bound dengan bantuan MATLAB. Model matematis yang digunakan adalah model matematis total biaya perjalanan. Studi kasus yang digunakan dalam perhitungan adalah PT XYZ, perusahaan manufaktur cat yang melakukan
pendistribusian produk dari gudang ke konsumen. Saat ini, kebijakan pemesanan dan pengiriman perusahaan membuat biaya distribusi tidak efisien dan terjadi gagal pengiriman. Penelitian ini memberikan 2 skenario usulan pengiriman. Pada skenario 1, pengiriman dilakukan sesuai dengan kebijakan pada perusahaan saat ini dengan mencari biaya optimal.
Pada skenario 2, permintaan akan dikumpulkan pada hari Jumat dan pengiriman akan dilakukan pada minggu berikutnya. Dari hasil perhitungan didapatkan total biaya per bulan pada rute aktual perusahaan adalah Rp. 1.349.053,49 sedangkan skenario 1 memberikan hasil Rp. 1.067.207,73 (penghematan 20,89%) dan skenario 2 memberikan hasil Rp. 602.105,21 (penghematan 55,37%).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

P. Toth and D. Vigo, "An overview of vehicle routing problems," in The vehicle routing problem, ed: SIAM, 2002, pp. 1-26.

R. Yohanes, Santoso, and R. M. Heryanto, "Penentuan Rute Distribusi yang Mempertimbangkan Multi Trips, Time Window, Simultaneous Pickup Delivery dengan Menggunakan Algoritma Sequential Insertion," in Seminar Nasional Teknik

Indutri, Universitas Gadjah Mada, 2020.

Y. Stephanie, Santoso, and R. M. Heryanto, "Determination of Distribution Route using Linear Programming Model (Case Study at Washing Jeans Company)," in 2019 1st International Conference on Engineering and Management in Industrial System (ICOEMIS 2019), 2019.

S. Chopra, P. Meindl, and D. V. Kalra, Supply chain management: strategy, planning, and operation vol. 232: Pearson Boston, MA, 2013.

I. N. Pujawan and Mahendrawathi, Supply Chain Management, 3 ed. Yogyakarta: Andi, 2017.

P. Kotler, Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian): Erlangga, 1993.

G. B. Dantzig and J. H. Ramser, "The truck dispatching problem," Management science, vol. 6, pp. 80-91, 1959.

R. Prana, "Aplikasi kombinatorial pada vehicle routing problem," Jurnal Teknik Informatika ITB, 2007.

K. Braekers, K. Ramaekers, and I. Van Nieuwenhuyse, "The vehicle routing problem: State of the art classification and review," Computers & Industrial Engineering, vol. 99, pp. 300-313, 2016.

P. Toth and D. Vigo, Vehicle routing: problems, methods, and applications, Second ed.: SIAM, 2014.

G. M. Sari, "Laporan Kerja Praktek Magang Bagian Transportasi Rute di PT XYZBandung,"Universitas Kristen Maranatha, Bandung, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

[1]
G. M. Sari, R. M. Heryanto, dan Santoso, “Penentuan Rute Distribusi Menggunakan Model Integer Linear Programming dengan Metode Branch and Bound”, GIJTSI, vol. 1, no. 01, hlm. 69–79, Nov 2020.