Analisis Value Chain Management pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia

Penulis

  • Agustian Suseno Program Studi Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Jauhari Arifin Program Studi Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutrisno Program Studi Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35261/gijtsi.v1i01.4294

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia. Namun demikian, para pelaku UMKM masih memiliki keterbatasan, seperti kualitas produk, keterbatasan permodalan, dan jaringan pemasaran. Salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan tersebut adalah memperkuat UMKM melalui analisis value chain management. Value chain (rantai nilai) merupakan jalan dalam  mengkonseptualkan aktivitas yang diperlukan dalam menciptakan nilai dari produk atau jasa. Lingkungan yang kondusif bagi UMKM dapat memastikan kolaborasi yang optimal dengan para pemangku kepentingan di pemerintahan, entitas bisnis yang beragam, serta dunia pendidikan. Kolaborasi diarahkan untuk berpikir strategis dalam menciptakan nilai produk atau jasa. UMKM juga harus fokus pada tingkat integritas unit bisnisnya. Dalam rantai nilai dioptimalkan melalui analisis value chain manajemen yang bernilai excellent. Jadi UMKM bisa diarahkan agar memiliki performance yang superior melalui analisis prinsip operasional value chain manajemen yang efektif serta strategic positioning yang tepat pada rantai nilainya agar bisa bertahan dan berkembang lebih maju lagi. Hasil studi ini menunjukkan bahwa para pelaku UMKM harus mengenali konsumen melalui diferensiasi produk atau jasa, mengkomunikasikan keunggulan, kekhasan, keunikan, dan digitalisasi proses bisnis serta strategic positioning yang tepat, sehingga dapat mendorong bisnis menjadi optimal serta akan memastikan UMKM bertahan dan bahkan mendapatkan keuntungan yang lebih optimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. Sipayung, “Value chain analysis (analisis rantai nilai) untuk keunggulan kompetitif melalui keunggulan biaya,” J. Ekon., vol. 13, no. 1, pp. 36–44, 2010.

A. Ilmiyati and M. Munawaroh, “Pengaruh manajemen rantai pasokan terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja perusahaan (Studi pada usaha kecil dan menengah di Kabupaten Bantul),” J. Manaj. Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 226–251, 2016.

S. Chopra and P. Meindl, Supply Chain Management: Strategy, Planning, and Operations, 2nd ed. New Jersey: Prentice-Hall, 2004.

M. E. Porter, Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. New York: The Free Press, 1985.

S. Sujani, M. S. Arif, and A. S. Edi, “Mapping value chain sebagai optimalisasi pengembangan kampung batik tulis di Surabaya,” Media Mahard., vol. 17, no. 3, p. 488, 2019, doi: 10.29062/mahardika.v17i3.107.

N. Hudaningsih and E. Ruskartina, “Pemetaan dan analisis kompetensi inti pada value chain Kre Alang sebagai produk khas Sumbawa,” J. Tambora, vol. 3, no. 3, pp. 115–121, 2019.

R. P. Setyanto, “Value chain klaster pariwisata Bnyumas: Pendekatan multiple case study,” J. Ekon. Bisnis, dan Akunt., vol. 20, no. 2, pp. 1–13, 2018.

M. Hartati, N. Siregar, and Silvia, “Analisis value chain dan model business pada industri pengolahan dodol salak (Studi kasus: UD. Salacca Tapanuli Selatan),”Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind., no. November, pp. 2579–5406, 2018.

R. Jannah, E. Yurisinthae, and A. H. A. Yusra, “Analisis rantai nilai (value chain) kerupuk lidah buaya (aloevera) pada UKM I Sun Vera di Kota Pontianak,” J. Agribisnis, pp. 1–12, 2019.

A. Samuel P.T, A. A. P. A. S. Wiranatha, and C. A. B. Sadyasmara, “Analisis rantai nilai pada UMKM susu kedelai di Kota Denpasar,” J. Rekayasa dan Manaj. Agroindustri, vol. 5, no. 1, pp. 105–119, 2017.

S. M. Khoiroh, “Optimalisasi pengembangan kampung industri batik tulis daerah berdasarkan mapping value chain,” Semin. dan Konf. Nas. IDEC, pp. 125–135, 2017.

Y. T. Saputra and S. R. Budiani, “Kajian value chain pada industri knalpot di Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah,” J. Bumi Indones., vol. 6, no. 3, pp. 1–10, 2017.

R. Rofaida, “Analisis dan strategi upgrading rantai nilai (value chain management) pada industri susu di Kabupaten Bandung Barat,” J. Ris. Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 59–71, 2012, doi: 10.17509/image.v1i1.2322.

Wijayanti, “Partisipasi UMKM dalam global value chain: Faktor kritis untuk kesuksesan dalam jaringan produksi global,” SEGMEN J. Manaj. dan Bisnis, vol. 16, no. 2, pp. 97–104, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

[1]
A. Suseno, J. Arifin, dan Sutrisno, “Analisis Value Chain Management pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia”, GIJTSI, vol. 1, no. 01, hlm. 24–33, Nov 2020.