Analisis Pola Pembelian Konsumen pada Transaksi Penjualan Menggunakan Teknik Association Rules dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Ghiyas Cake & Bakery)

Penulis

  • Reski Ramzan Program Studi Teknik Industri, Universitas Suryakancana
  • Bramantiyo Eko Putro Program Studi Teknik Industri, Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.35261/gijtsi.v3i01.6416

Abstrak

Ghiyas Cake & Bakery merupakan sebuah UMKM yang bergerak pada bidang industri makanan dengan produk berupa roti dan kue. Perusahaan tersebut belum mempunyai konsep manajemen yang baik dalam melakukan promosi produknya. Pengambilan keputusan perusahaan sulit dilakukan karena informasi yang terbatas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola pembelian konsumen di Ghiyas Cake & Bakery dan strategi promosi berdasarkan pola pembelian konsumen tersebut. Penelitian ini menerapkan teknik data mining association rules dengan algoritma apriori menggunakan aplikasi RapidMiner sebagai pendukung untuk proses perhitungan nilai support dan confidence untuk mengetahui aturan asosiasinya. Dataset yang terdiri 10 atribut yaitu Bika Ambon, Karamel, Burger, Donat, Kue Talam, Roti Pizza, Soes, Nona Manis, Puding, dan Brownis merupakan data primer Ghiyas Cake & Bakery dengan jumlah data transaksi 150 kali yang dikumpulkan pada Desember 2020. Hasil dari penerapan association rules dengan minimum support 15% dan minimum confidence 70% menghasilkan empat aturan hubungan antar produk yaitu Soes → Kue Talam dengan nilai confidence 0,750; Kue Talam dan Bikan Ambon → Soes dengan nilai confidence 0,800; Bika Ambon dan Soes → Kue Talam dengan nilai confidence 0,800; Brownis dan Burger → Karamel dengan nilai confidence 0.833.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. N. Lumintang, V. A. J. Masinambow, and E. N. Walewangko, “Analisis Pelaksanaan Pengadaan Barang Dan Jasa Secara Elektronik (E-Procurement) Di Lpse Kabupaten Minahasa Tenggara,” J. Pembanguan Ekon. dan Keuang. Drh., vol. 21, no. 1, pp. 105–121, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jpekd/article/view/29224.

H. Santoso, I. P. Hariyadi, and P. Prayitno, “Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” in Semnasteknomedia Online, 2016, vol. 4, no. 1, pp. 3-7–19, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1267.

F. Marisa, “Educational Data Mining (Konsep dan Penerapan),” J. Teknol. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 91–93, 2013.

A. P. Natasuwarna, “Tantangan menghadapi era revolusi 4.0 - Big data and data mining,” in Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019, pp. 23–27.

I. K. G. D. Gama, Adie Wahyudi Oktavia Putra and I. P. A. Bayupati, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menemukan Frequent Itemset Dalam Keranjang Belanja,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 15, no. 2, pp. 21–26, 2016, doi: 10.24843/mite.1502.04.

B. A. Najib and N. Suryani, “Penerapan Data Mining Terhadap Data Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang Dengan Metode Algoritma Apriori,” J. Tek. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 61–70, 2020, doi: 10.31294/jtk.v6i1.6765.

T. Tatik, “Analisis Pengambilan Keputusan Taktis Pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah) Di Masa Pandemi Covid’19,” Relasi J. Ekon., vol. 17, no. 1, pp. 165–180, 2021, doi: 10.31967/relasi.v17i1.416.

R. Hartati, “Pengaruh Kepuasan Dan Kualitas Pelayanan Karyawan 212 Mart Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen 212 Mart Mutiara, Cibarusah – Bekasi),” J. Al-fatih Glob. Mulia, vol. 1, no. 2, p. 2019, 2019, [Online]. Available: https://jurnalglobalmulia.or.id/index.php/alfatih/article/view/10.

G. B. T. Atmojo, D. Wisadirana, and S. Muadi, “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Produk Unggulan Daerah ( Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Batik di Desa Sumurgung Kecamatan Tuban – Kabupaten Tuban ),” Wacana, vol. 19, no. 4, pp. 216–222, 2016.

R. Dzulkarnaen, “Perancangan Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis Pada Apotek Permata dengan Metode Hybrid-Dimension Association Rules,” J. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 67–72, 2020, doi: 10.47292/joint.v2i2.35.

N. Wandi, R. A. Hendrawan, and A. Mukhlason, “Pengembangan Sistem Rekomendasi Penelusuran Buku dengan Penggalian Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur),” J. Tek. ITS, vol. 1, no. 1, pp. A445–A449, 2012, [Online]. Available: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/1293.

M. Faid, M. Jasri, and T. Rahmawati, “Perbandingan Kinerja Tool Data Mining Weka dan Rapidminer Dalam Algoritma Klasifikasi,” Teknika, vol. 8, no. 1, pp. 11–16, 2019, doi: 10.34148/teknika.v8i1.95.

D. Fitriati and M. Hardiyanto, “Perbandingan Algoritma Apriori Dan Algoritma Fp-Growth Untuk Mengetahui Pola Penggunaan Transportasi Online,” in Snatif, 2018, p. 9.

D. T. Larose and C. D. Larose, DISCOVERING KNOWLEDGE IN DATA An Introduction to Data Mining Second Edition Wiley Series on Methods and Applications in Data Mining. 2014.

N. Rahmawati, Y. N. Nasution, and F. D. T. Amijaya, “Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis untuk Menemukan Pola Pembelian di Toko Metro Utama Balikpapan,” J. EKSPONENSIAL, vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/exponensial/article/view/69.

R. Q. Zhang, L. K. Zhang, W. H. Zhou, R. Saigal, and H. W. Wang, “The multi-item newsvendor model with cross-selling and the solution when demand is jointly normally distributed,” Eur. J. Oper. Res., vol. 236, no. 1, pp. 147–159, 2014, doi: 10.1016/j.ejor.2014.01.006.

M. L. Rizaldi and R. Hardini, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image Dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret Kelurahan Padurenan, Bekasi Timur,” Oikonomia J. Manaj., vol. 14, no. 2, 2019, doi: 10.47313/oikonomia.v14i2.522.

N. T. M. Demoulin and P. Zidda, “On the impact of loyalty cards on store loyalty: Does the customers’ satisfaction with the reward scheme matter?,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 15, no. 5, pp. 386–398, 2008, doi: 10.1016/j.jretconser.2007.10.001.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-31

Cara Mengutip

[1]
R. Ramzan dan B. E. Putro, “Analisis Pola Pembelian Konsumen pada Transaksi Penjualan Menggunakan Teknik Association Rules dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Ghiyas Cake & Bakery)”, GIJTSI, vol. 3, no. 01, hlm. 13–23, Mei 2022.