Penerapan Critical Path Method pada Penyelesaian Proyek Rehabilitasi Jalan Parigi Lama di Kabupaten Sumedang

Penulis

  • Ilyas Habibi Program Studi Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Farhan Zaidan Nugraha Program Studi Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutrisno Sutrisno Program Studi Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35261/gijtsi.v4i01.8307

Abstrak

Manajemen proyek adalah suatu upaya untuk mengatur sebuah rencana proyek dengan memperhatikan waktu dan ketersediaan sumber daya. Proyek yang dijadikan objek pada penelitian ini adalah proyek rehabilitasi jalan di Kabupaten Sumedang. Kota Sumedang merupakan kota berkembang dan membutuhkan kualitas dan kuantitas sarana transportasi yang lebih baik. Banyak jalan alternatif yang rusak dan memerlukan pelebaran jalan, salah satunya adalah Jalan Parigi Lama. Untuk meningkatkan dan memperlebar jalan, pemerintah desa setempat melakukan proyek rehabilitasi jalan yang direncanakan selesai dalam waktu 60 hari. Proyek rehabilitasi jalan ini diharapkan dapat berjalan lancar dan rampung lebih cepat dari perkiraan waktu yang telah direncanakan. Penelitian ini menggunakan critical path method (CPM) untuk memperoleh waktu yang optimal dengan dibuatnya network planning. Dari hasil perhitungan menggunakan CPM, proyek rehabilitasi Jalan Parigi lama ini dapat diselesaikan dalam waktu 42 hari, hal ini menunjukkan bahwa penerapan CPM pada pelaksanaan proyek ini terdapat manfaat yaitu dapat mempersingkat waktu hingga 18 hari lebih cepat, menjadikan waktu penyelesaian proyek rehabilitasi Jalan Parigi Lama menjadi efisien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. P. Puspitasari, N. A. S. Purwono, dan F. E. Poerwodihardjo, “Analisis Perbandingan Penjadwalan Proyek Dengan Metode CPM, PERT, Kurva-S (Studi Kasus Peningkatan Jalan Menganti Kesugihan),” Teodolita Media Komunkasi Ilm. di Bid. Tek., vol. 23, no. 1, pp. 77–89, 2022.

A. Wulandari, “Peninjauan Optimalisasi Time Schedule Menggunakan Metode CPM Dan PERT Pada Proyek Pembangunan Jalan Transmigrasi Teget Kabupaten Bener Meriah,” J. Ilm. Mhs. Tek. [JIMT], vol. 1, no. 4, pp. 1–15, 2021.

C. Darwin Sitindaon et al., “Manajemen Proyek,” 2021, diakses: 02 November 2022. [Online]. Tersedia: www.penerbitwidina.com.

N. M. Astari, A. M. Subagyo, dan K. Kusnadi, “Perencanaan Manajemen Proyek dengan Metode Critical Path Method (CPM) dan Program Evaluation and Review Technique (PERT),” J. Konstr., vol. 13, no. 1, pp. 164–180, 2021.

J. Thoengsal dan M. Tumpu, Metode Optimalisasi Penjadwalan Pelaksanaan Proyek Konstruksi Menggunakan Metode Critical Path Method (CPM), Makasar: CV. Tohar Media, 2022.

Mar’aini dan Y. R. Akbar, “Penentuan Jalur Kritis untuk Manajemen Proyek (Studi Kasus Pembangunan Jalan Selensen-Kota Baru-Bagan Jaya),” J. Pustaka Manaj. (Pusat Akses Kaji. Manajemen), vol. 2, no. 1, pp. 6–13, 2022.

R. Setiawan dan Handoyo, “Meningkatkan Efisiensi Dan Efektifitas Jalan Tol Tebangi Besar-Kayu Agung,” Juminten J. Manaj. Ind. dan Teknol., vol. 2, no. 01, pp. 132–143, 2021.

S. Milah, D. Nurmayadi, dan A. R. Hendardi, “Analisis Pengendalian Waktu Proyek Konstruksi Menggunakan Earned Value Concept (EVC) dan Critical Path Method (CPM) (Studi Kasus : Lanjutan Pembangunan Jalan Ruas Jalan Ciawi Singaparna Kabupaten Tasikmalaya),” J. Ilm. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2020.

A. M. Lubis, E. Suhendar, dan P. Suharmanto, “Optimasi Penjadwalan Proyek Pembangunan Jalan Tol Becakayu Seksi 1BC Dengan Menggunakan Metode CPM dan PERT,” J. SEOI - Fak. Tek. Univ. Sahid Jakarta, vol. 3, no. 2, pp. 75–89, 2021.

N. F. Pangestu, A. F. A. Zahra, dan S. Sutrisno, “Penerapan Metode Critical Parth Method (CPM) dalam Proyek Pembangunan Jembatan Alun-Alun Kota Kuningan,” J. Ind. Manuf. Eng., vol. 5, no. 2, pp. 100–106, 2021.

W. W. D. Banjarnahor dan P. Pristiwanto, “Analisis Pelaksanaan Proyek Perumahan dengan Metode CPM (Critical Path Method) Dan PERT (Project Evaluation And Review Technique) (Studi Kasus Proyek Perumahan Citra Turi),” Pelita Inform., vol. 6, no. 3, pp. 363–368, 2018.

G. C. A. Lesbasa, M. Marantika, N. Maelissa, dan R. Serang, “Analisa Perbandingan Waktu Penjadwalan Proyek Dengan Metode CPM (Critical Path Method) dan PDM (Precedence Diagram Method),” J. Agreg., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2022.

Y. Prasetyanov, M. Samah, dan I. Khaidir, "Penerapan Metode Critical Path Method Dalam Penjadwalan Pada Proyek Pembangunan (Studi Kasus Proyek Pembangunan Arandra Residence Cempaka Putih)", vol. 2, no. 1, pp. 51-52, 2021.

R. Yanita, I. F. Ningrum, dan K. Mochtar, “Manfaat Penerapan Metode AON (Activity On Node) untuk Penjadwalan Proyek Bangunan Bertingkat Tinggi,” J. IPTEK, vol. 4, no. 2, pp. 48-55, 2020.

K. Gunawan, E. Sulistianingsih, dan N. N. Debataraja, “Penentuan Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan Rehabilitasi Jalan Alianyang Kota Pontianak Dengan Precedence Diagram Method (PDM),” Bimaster, vol. 04, no. 3, pp. 237–242, 2015.

R. Aprilyanti, M. A. Rudiyanto, and W. Asriningpuri, “Analisa Perbandingan Critical Path Method (CPM) dan Precedence Diagram Method (PDM) pada Proyek Pembangunan Pasar Kedungmaling Kabupaten Mojokerto,” J. Tek. UNIM, pp. 1–7, 2018.

S. Ulfa dan E. Suhendar, “Implementasi Metode Critical Path Method Pada Proyek Synthesis Residence Kemang,” J. Optimasi Tek. Ind., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

[1]
I. Habibi, F. Z. Nugraha, dan S. Sutrisno, “Penerapan Critical Path Method pada Penyelesaian Proyek Rehabilitasi Jalan Parigi Lama di Kabupaten Sumedang”, GIJTSI, vol. 4, no. 01, hlm. 1–10, Mei 2023.