Penerapan Metode Material Requirement Planning (MRP) dalam Pengendalian dan Perencanaan Persediaan Bahan Baku Semen Instan Variasi X pada PT XYZ

Penulis

  • Qoulina Sakilah Putri Wahyudiana Program Studi Administrasi Logistik, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Noneng Nurjanah Program Studi Administrasi Logistik, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Dera Thorfiani Program Studi Administrasi Logistik, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Achmad Andriyanto Program Studi Administrasi Logistik, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.35261/gijtsi.v4i02.9967

Abstrak

PT XYZ merupakan salah satu perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia yang memproduksi bahan material seperti semen instan. Namun, perusahaan menghadapi kendala dalam pasokan bahan baku pasir silika dalam kurun waktu yang cukup lama dan menghambat proses produksi serta menyebabkan kekosongan produk. Kekosongan paling sering terjadi pada produk semen instan variasi X, dengan tingkat kekosongan mencapai 99,3% selama 6 bulan. Penelitian ini menerapkan metode perencanaan persediaan yaitu Material Requirement Planning (MRP) untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuannya adalah merencanakan penjadwalan pemesanan bahan baku dan memproyeksikan kebutuhan di masa depan. Data permintaan, persediaan, struktur bahan baku, dan data pendukung digunakan dalam perhitungan. Hasilnya, diketahui penjadwalan pemesanan bahan baku untuk produk semen instan variasi X dilakukan selama tiga bulan berturut-turut, yaitu April, Mei, dan Juni 2023. Setiap bulan, bahan baku direncanakan secara rinci dengan beberapa kali pemesanan sesuai dari lead time masing-masing bahan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Z. Yamit, Manajemen produksi dan operasi, Yogyakarta: Ekonisia, 2011.

A. Kortabarria, U. Apaolaza, A. Lizarradle dan I. Amorrortu, “Material management without forecasting : From MRP to demand driven MRP,” Journal of Industrial Engineering and Management, 2018.

M. Safirin dan K. E. Rahayu, “Pengendalian dan Perencanaan Persediaan Bahan Baku Castable 16 dengan Metode Periodic Review dan Continous Review di PT XYZ Surabaya,” Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi, pp. 141-152, 2020.

M. Simbar, T. M. Katiandagho, T. F. Lolowang dan J. Baroleh, “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kayu Cempaka Pada Industri Mebel Dengan Menggunakan Metode EOQ (Studi Kasus Pada UD Batu Zaman),” 2014.

S. Dwiningsih dan A. A. Pratama, “Penerapan metode just in time sebagai alternatif pengendaliaan persediaan bahan baku pada PT Bhaestex Pandaan Pasuruan,” 2020.

I. Rahmasari dan F. Pulansari, “Penerapan Meode Material Requirement Planning Terhadap Perencanaan Persediaan Bahan Baku Tangki Air Stainless,” Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi, 2022.

F. Aristiyanto, N. T. Putri dan A. H. B. Adi, “Usulan Aplikasi Metode Material Requirement Planning (MRP) dalam Perencanaan Kebutuhan Firebrick PT Semen Padang,” Jurnal Teknik Industri, 2016.

A. Surianto, “Penerapan Metode Material Requirement Planning (MRP) di PT Bokormas Mojokerto,” 2013.

A. Wahyuni dan A. Syaichu, “Perencaaan Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode Material Requirment Planning (MRP) Produk Kacang Shanghai pada Perusahaan Gangsar Ngunut Tulungagung,” 2015.

L. A. Al-Hakim dan B. W. Jenney, “MRP : an adaptive approach,” International Journal of Production Economics 25 (1-3), pp. 65-72, 1991.

Lindawati, “Perencanaan Bahan Baku di CV Solindo Tama,” 2003.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

[1]
Q. S. Putri Wahyudiana, N. . Nurjanah SP.,MT, D. Thorfiani, dan A. . Andriyanto,ST.,MT, “Penerapan Metode Material Requirement Planning (MRP) dalam Pengendalian dan Perencanaan Persediaan Bahan Baku Semen Instan Variasi X pada PT XYZ”, GIJTSI, vol. 4, no. 02, hlm. 99–115, Nov 2023.