Model Pendidikan Terintegrasi untuk Membentuk Generasi Ulul Albab di Pondok Pesantren Addaraen
DOI:
https://doi.org/10.35706/hw.v6i1.12799Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Addaraen, sebuah pondok pesantren modern yang berlokasi di Makassar. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan melalui wawancara dengan kepala pondok serta observasi langsung di lapangan. Pondok Pesantren Addaraen mengkombinasikan pendidikan berbasis agama dengan kurikulum formal, didukung oleh fasilitas seperti masjid, asrama, perpustakaan, dan laboratorium sains. Program unggulannya mencakup pengembangan karakter, keterampilan sosial, dan akademik untuk membentuk santri yang berkepribadian unggul. Pondok ini juga memanfaatkan teknologi dalam sistem komunikasi serta menyelenggarakan program pengembangan bagi orang tua dan staf guna meningkatkan efektivitas pendidikan. Meskipun menghadapi tantangan dalam hal pendanaan, pondok ini tetap berkomitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas tanpa biaya bagi santri dari keluarga kurang mampu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Addaraen berhasil mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam pendidikan modern, menjadikannya contoh pondok pesantren yang inovatif dan relevan.
Downloads
References
Shofiyyah, N. A., Ali, H., & Sastraatmadja, N. (2019). Model pondok pesantren di era (Shofiyyah et al., 2019)
(Jpks417dbf33fb2full, n.d.) Pritaningrum, M., & Hendriani, W. (2013). Penyesuaian diri remaja yang tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik pada tahun pertama. Jurnal psikologi kepribadian dan sosial, 2(3), 134-143.
(Pratama et al., 2018) Pratama, M. R. D., Ernawati, A., & Yulistiana, Y. (2018). Perancangan Pondok Pesantren Modern dengan Pendekatan Arsitektur Modern di Depok. Jurnal Desain, 5(02), 86-94.
(Kariyanto, 2019) Kariyanto, H. (2019). Peran pondok pesantren dalam masyarakat modern. Jurnal Pendidikan" EDUKASIA MULTIKULTURA",
(Malik, 2021) Rif’atul Khoiriah Malik Pesantren Modern dan Tradisional Cermin Komunikasi Pembangunan (PDF, n.d.-a) Nenden Maesaroh, Yani Achdiani TUGAS DAN FUNGSI PESANTREN DI ERA MODERN (Hamzah & Iqbal, 2023) Syaidina Hamzah Analisis Model Pendidikan Pondok Pesantren Modern dan Sekolah Islam Terpadu
(Himawan Mukhamad_Konsep Pendidikan Islam Dalam Pemikiran Azyumardi Azra, n.d.) Himawan Mukhamad KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA
(LULUATU NAYIROH-FDK, n.d.) PROF. DR. KH. SAID AQIL SIROJ PEMIKIRAN DAN AKTIVITAS DAKWAH
(PDF, n.d.-b) Fathul Amin ANALISA PENDIDIKAN PESANTREN DAN PERANNYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
(Tolib, 2015) Dr. Abdul Tolib PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN
(Ismail, 2011) Muhammad Ismail Sistem Pendidikan Pesantren Modern Studi Kasus Pendidikan Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo
(Universitas Muhammadiyah Yogyakarta & Mansir, 2020) Firman Mansir Manajemen Pondok Pesantren di Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Islam Era Modern





