Implementasi Pengajaran Akhlak Dalam Upaya Penanaman Karakter di TPA LPASA Sultan Agung Bantul
DOI:
https://doi.org/10.35706/hw.v6i1.12889Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran pendidikan akhlak dan karakter di TPA LPASA Sultan Agung Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam untuk mengeksplorasi proses pembelajaran, metode, dan eval_uasi yang dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPA ini menerapkan kurikulum pembelajaran berbasis Al-Quran dengan metode TQA (Tahapan Membaca Al-Quran) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Al-Ula, Wustho, dan Ulya. Selain itu, pendidikan karakter dikembangkan melalui kegiatan seperti pesantren Ramadhan, tadabbur alam, dan pembiasaan akhlak seperti mengucapkan salam, sopan santun, dan tata krama, doa harian, dan adab makan sesuai ajaran Islam. eval_uasi dilakukan melalui observasi perilaku, ujian praktik, dan penilaian formal bersama orang tua. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan jumlah guru, upaya pelatihan terus dilakukan oleh para pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa TPA LPASA Sultan Agung Bantul telah berhasil mengintegrasikan dan menerapkan pendidikan agama Islam dengan pembentukan karakter, menciptakan generasi yang berakhlak mulia dan berkarakter Islami.
Downloads
References
Akmal. (2022). Upaya Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SD Negeri 214/ IX Bukit Jaya Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi. Panca Widha : Jurnal Praktik Dan Kebijakan Pendidikan Indonesia, Vol.1, No.1.
Al-Fawwaz, F. K. (2018). Implementasi Religius Culture Melalui Program Penguatan Pendidikan Karakter di MAN 4 Jakarta. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Anisa, Nurul. (2017). Modal Pembentukan Karakter melalui Budaya 5S Senyum, Salam, Sapa, sopan, dan santun. http://anisanurul2728.wordpress.com/2017/06/14/modal-pembentukan-karakter-melalui-budaya-5S-senyum-salam-sapasopan-dan-santun/
Atqiyah, F. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) DI SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Agama Iislam, Universitas IAI Bunga Bangsa, Cirebon.
Baedowi, Ahmad. (2015). Manajemen Sekolah Efektif Pengalaman Madrasah Kusuma Bangsa. Jakarta : PT Pustaka Alvabet.
Inayah, S. F. N. (2020). Penguatan Karakter Ramah Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5S) pada Anak di RA Muslimat NU Diponegoro 54 Darmakadenan Ajibarang Banyumas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas IAIN Purwokerto, Purwokerto.
Johan,S dan Albi, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Mawaddah, M. N. (2019). Implementasi Budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dan Penanaman Nilai Karakter Religius Siswa SD Negeri 03 Ketanon Kedungwaru Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung.
Nurul Afifah. (2023). Implementasi Budaya 5-S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan Metode Guru dalam Membiasakannya Pada Siswa Sekolah Dasar. Surabaya: Insan Kreasi Media.
Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1),
Sapendi, (2015) Jurnal Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini, IAIN Pontianak : At-Turats.





