Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP IT Insan Harapan Karawang Tahun Ajaran 2022 – 2023
DOI:
https://doi.org/10.35706/hw.v5i2.13209Abstract
Kurikulum merdeka atau yang di kenal dengan merdeka belajar merupakan bentuk respon pemerintah terhadap kondisi pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Kebijakan tersebut di canangkan sebagai upaya pemerintah untuk membantu memulihkan pembelajaran di Indonesia. Penelitian ini di lakukan di SMP IT Insan Harapan, Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk menggali efektifitas kurikulum merdeka dalam meningkatkan kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan pendekatan teori belajar kognitifisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk memberikan catatan lapangan mengenai implementasi kurikulum merdeka dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini, SMP IT Insan harapan belum sepenuhnya menerapkan kurikulum merdeka baru di terapkan di kelas VII. Sedangkan kelas VIII dan IX masih menggunakan kurikulum 2013, atau bisa dikatakan SMP IT Insan Harapan masih dalam tahap mandiri berubah. Tetapi sampai saat ini implementasinya sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implementasi kurikulum merdeka di SMP IT Insan Harapan ini didukung oleh siswa, guru dan infrastuktur sekolah
Downloads
References
Farida, N. A., & Makbul, M. (2023). Studi-studi tentang Al-Qur’an dalam Konteks Keindonesiaan menurut Pandangan Howard Federspiel. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8576
Hakim, Z., & Nurasiah, Y. (2023). Moderasi Beragama Berbasis Masjid. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8716
Makbul, M., & Ferianto, F. (2022). The Effect Of Reinforcement On Students'learning Achievement In The Field Of Islamic Studies At SMP Negeri 34 Makassar. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 121-129.
Makbul, M., & Miftahuddin, M. (2021). The Effect Of Academic Procrastination On Learning Acheivement Of Islamic Religious Education Students At SMAN 5 Makassar. International Journal of Islamic Studies, 1(1), 27-36.
Makbul, M., Bakar, A. A., & Parhani, A. (2021). Al-Qur'an Insights About Musyawarah (A Study of Maudhu'iy Commentary on Deliberation). Jurnal Diskursus Islam, 9(2), 102-113.
Makbul, M., Farida, N. A., & Rukajat, A. . (2023). Peserta Didik dalam Pandangan Teori Empirisme, Naturalisme, Konvergensi Naturalisme dan Tinjauan Pendidikan Islam. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8417
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274-1290.
Miftahuddin, M. (2021). Pengaruh Prokrastinasi Akademik terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMA Negeri 5 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di Smp Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 312–318. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4589
Nurhasan, N. (2023). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA SMP IBNU SINA BANDUNG. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8460
Ratnasari, T., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). MEDIA KARTU SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB DI TKQ TAMRINUSSHIBYAN. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 270-275.
Teti Nurhalizah, S. M., Dedih, U., & Erihadiana, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Kelas 7 Dalam Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5, 3783–3794.
Vidiawati, A. D., Amirudin, A., & Muzaki, I. A. (2023). The Role of Parents in Forming Akhlakul Karimah (Noble Characters) in Early Childhood in Mekar Mukti Village, North Cikarang Sub-District. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 15(1), 123-134.





