Pelatihan Desain Grafis dalam Menungkatkan Kompetensi Kewirausahaan di BLK Kabupaten Karawang

Penulis

  • Dita Ayu Pratiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Danugiri Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/joce.v1i1.3879

Abstrak

Jumlah pengangguran di Indonesia sudah menjadi perhatian Pemerintah, karena memiki jumlah yang besar terutama bagi kalangan muda. Hal tersebut dapat diatasi melalui pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guna mengembangkan dan meningkatkan kompetensi kewirausahaan pada peserta pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang hasil pelatihan desain grafis dalam meningkatkan kompetensi kewirausahaan di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peserta pelatihan mengalami dampak peningkatan kompetensi kewirausahaan berupa 1) Percaya diri, 2) Berorientasi pada tugas dan hasil, 3) Pengambilan resiko, 4) Kepemimpinan 5) Keorisinilan, dan 6) Berorientasi ke masa depan. Subjek penelitian yang digunakan yaitu 4 orang peserta pelatihan yang berperan sebagai sumber informasi, dan seorang ketua jurusan serta instruktur, sehingga jumlah seluruh subjek penelitian adalah 5 orang. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap penelitian yang digunakan yaitu tahap orientasi, eksplorasi, dan member check. Analisis data menggunakan koleksi data, reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan.

 

Kata Kunci Pelatihan, desain grafis, kompetensi, kewirausahaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dadang Danugiri, Universitas Singaperbangsa Karawang

H. Dadang Danugiri, S,Pd., M.Pd merupakan seorang dosen di Universitas Singaperbangsa Karawang. Selain menjadi seorang dosen beliau juga merupakan sorang wirausaha. Maka dari itu penulis sangat bersyukur dibimbing oleh beliau dalam penulisan artikel yng bertema kewirausahaan ini.

 

Referensi

Avianti, Y. (2015). Kompetensi Kewirausahaan (Teori, Pengukuran dan Aplikasi). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Bahri. (2019). Pengantar Kewirausahaan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Enterprise, J. (2018). Desain Grafis Komplet. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Hidayat, T. (2019). Komputer Grafis Belajar Elemen Dasar Grafis Menjadi Pro. Yogyakarta : CV ANDI OFFSET.

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-02

Cara Mengutip

Ayu Pratiwi, D., & Danugiri, D. (2020). Pelatihan Desain Grafis dalam Menungkatkan Kompetensi Kewirausahaan di BLK Kabupaten Karawang. JoCE (Journal of Community Education), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.35706/joce.v1i1.3879

Terbitan

Bagian

Artikel