Proses Pembelajaran Practical Life Pada Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak (Studi Kasus Di Taman Penitian Anak Cendana Asih)

Penulis

  • Putri Ayu Sudarta PLS FKIP UNSIKA
  • Dadang Danugiri Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk menjelaskan proses pembelajaran practical life pada anak usia dini dan menjelaskan hasil dari proses pembelajaran practical life pada anak usia dini di Taman Penitipan Anak Cendana Asih. Untuk menjawab perumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Taman Penitipan Anak Cendana Asih dengan subjek penelitian yang dimana terdapat subjek informasi yaitu, 2 orang pendidik dan pengasuh  dan 1 orang tua anak, serta subjek informan yaitu satu orang pengelola. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian menggunakan tahap orientasi, tahap eksplorasi, dan tahap member check. Analisis data menggunakan koleksi data, reduksi data, display data, dan verifikasi dan simpulan.

                    Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Taman Penitipan Anak Cendana Asih, (1) Proses pembelajaran dimulai dari tahap pengenalan kegiatan practical life kepada anak untuk mengetahui sudah sejauh mana mereka menguasai kegiatan sehari-harinya. Tahap pelaksanaan kegiatan practical life dilaksanakan bersamaan dengan proses pengasuhan yang didalamnya terdapat metode dan sarana prasarana yang digunakan dalam proses pembelajaran practical life. Pada tahap penelitian penulis mengamati sejauh mana anak mempelajari kegiatan practical life mereka pribadi. (2) hasil pembelajaran practical life adalah adanya perubahan dari sikap dan keterampilan anak, perubahan sikap yang terlihat pada anak setelah mempelajari kegiatan Practical life anak menjadi mandiri, bertanggung jawab dan kepercayaan diri mereka juga berkembang. Dari segi keterampilan yang terlihat perubahannya dari anak yaitu meningkatnya perkembangan motorik halus anak, selain itu juga perkembangan keterampilan bahasa yang dimiliki anak, kosa kata yang mereka miliki jauh lebih berkembang dan bertambah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dadang Danugiri, Universitas Singaperbangsa Karawang

 

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-08-01

Cara Mengutip

Sudarta, P. A., & Danugiri, D. (2020). Proses Pembelajaran Practical Life Pada Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak (Studi Kasus Di Taman Penitian Anak Cendana Asih). JoCE (Journal of Community Education), 1(2), 82–87. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/4162

Terbitan

Bagian

Artikel