Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini di PAUD Nur Adzkia Karawang

Penulis

  • Yustika PLS FKIP UNSIKA
  • Nia Hoerniasih Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/joce.v1i1.3917

Abstrak

Kemampuan dalam berkomunikasi tentu sangat diperlukan dalam berkehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, masih ditemukan bahwa anak usia dini sedikit kesulitan dalam berkomunikasi, maka dari itu penting untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pada jenjang pendidikan anak usia dini. Peningkatan kemampuan komunikasi pada anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, salah satunya adalah metode bermain peran seperti yang dilakukan oleh PAUD Nur Adzkia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan proses pelaksanaan metode bermain peran, lalu apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya dan juga bagaimana hasil dari penggunaan metode ini dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang datanya di dapatkan dari hasil wawancara dan penelitian ini dilaksanakan di PAUD Nur Adzkia Karawang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini di PAUD Nur Adzkia Karawang cukup berhasil dalam penggunaannya mengingat adanya perkembangan yang terjadi pada anak usia dini setelah mengikuti bermain peran. Dalam hal ini guru juga sudah melakukan langkah-langkah yang tepat dalam pelaksanaan bermain peran. Serta diakhir kegiatan bermain peran, guru melakukan pengulasan kembali terhadap materi yang disampaikan melalui bermain peran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Yustika, PLS FKIP UNSIKA

 

 

Nia Hoerniasih, Universitas Singaperbangsa Karawang

 

 

Referensi

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (26th ed.). Bandung: Alfabeta.

Fadlillah, Muhammad. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryana, Dadan. (2014) Hakikat Anak Usia Dini. Dasar-dasar Pendidikan TK. 1. 5-10. Diakses dari http://repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf

Mulyana, Aina. (2012). Metode Pembelajaran Bermain Peran. Tulisan pada https://ainamulyana.blogspot.com/2011/11/metode-pembelajaran-bermain-peran.html

Sugeng. (2016). Pengertian Komunikasi Menurut Ahli. Tulisan pada https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2014/11/pengertian-komunikasi-menurut-para-ahli.html.

SIMKeu Kemendikbud. (2017). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tulisan pada http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-02

Cara Mengutip

Yustika, & Hoerniasih, N. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini di PAUD Nur Adzkia Karawang. JoCE (Journal of Community Education), 1(1), 56–60. https://doi.org/10.35706/joce.v1i1.3917

Terbitan

Bagian

Artikel