Pengasuhan Melatih Kemandiria Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak (Daycare) Mamiku Kabupaten Karawang

Penulis

  • Sri Putri Astuti Antuhar PLS FKIP UNSIKA
  • Safuri Musa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan perencanaan pengasuhan melatih kemandirian anak usia dini di Taman Penitipan Anak Mamiku Daycare. (2) mendeskripsikan pengasuhan melatih kemandirian anak usia dini di Taman Penitipan Anak Mamiku Daycare Kabupaten Karawang. (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pengasuhan melatih kemandirian anak usia dini di Taman Penitipan Anak Mamiku Daycare Kabupaten Karawang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola, pengasuh dan orangtua anak asuh di TPA Mamiku Daycare Kabupaten Karawang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pengasuhan untuk melatih kemandirian anak usia dini di Taman Penitipan Anak Mamiku Daycare yaitu dengan mengguakan metode pembiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh anak dalam kesehariannya, materi yang diberikan yaitu materi yang disesuaikan dengan tema kemandirian pada anak, sedangkan media yang digunakan yaitu menggunakan video interaktif, musik, buku, serta permianan edukatif untuk anak; (2) pengasuhan melatih kemandirian anak yaitu dengan cara memberikan kebebasan kepada anak tetapi tetap memberikan pengawasan kepada anak dalam setiap kegiatan dan aktifitas anak dan membuat peraturan yang sudah dibuat dan disepakati dengan anak. Peran pengasuh dan orang tua dalam pengasuhan yaitu sebagai fasilitator yang memfasilitasi semua kebutuhan dan keperluan anak; (3) faktor pendukung pengasuhan yaitu kebiasaan anak yang dilatih secara konsisten serta dukungan keluarga dan teman, faktor penghambat pengasuhan yaitu kondisi anak yang masih terlalu kecil dan pola asuh orang tua yang tidak mendukung.

Kata Kunci:pengasuhan anak, kemandirian, anak usia dini

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-05

Cara Mengutip

Astuti Antuhar, S. P., & Musa, S. (2021). Pengasuhan Melatih Kemandiria Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak (Daycare) Mamiku Kabupaten Karawang. JoCE (Journal of Community Education), 2(1), 1–7. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/4216

Terbitan

Bagian

Artikel