PEMBELAJARAN KESETARAAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BUNGA BANGSA KECAMATAN TELUKJAMBE BARAT KABUPATEN KARAWANG

Penulis

  • Nurur Jannah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Hoerniasih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tika Santika Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4520

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil pembelajaran Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bunga Bangsa Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Desain kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kulitatif deskriptif dengan subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang Warga Belajar, 1 orang Tutor dan 1 orang Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bunga Bangsa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari proses analisis keabsahan menunjukkan bahwa proses pembelajaran dilakukan dengan 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan faktor pendukung terbagi menjadi 2 yaitu faktor internal yakni minat, kesadaran dan perhatian warga belajar, dan faktor eksternal yakni tersedianya ruang belajar, totur, lingkungan belajar yang kondusif serta dukungan dari pemerintah. Akan tetapi ada beberapa hambatan, diantaranya hambatan internal yaitu kurangnya partisipasi dan keaktifan warga belajar dan hambatan eksternal yakni kurangnya sarana prasarana dalam kegiatan pembelajaran kesetaraan paket c seperti modul dan informasi tekonologi dikelas. Adapun hasil pembelajaran dapat berdampak pada kelanjutan kehidupan dari lulusan PKBM Bunga Bangsa dengan memanfaatkan ijazah untuk keperluan pendidikan dan pekerjaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bogdan & Taylor. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif; suatu pendekatan fenomenologis terhadap ilmu-ilmu sosial. Diterjemahkan oleh Arief Furchan.Surabaya: Usaha Nasional.

Ella Yulaelawati. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya. Kasiyo Dwijowinoto. (2009). Renang Perkembangan Pengajaran Teknik dan taktik. Semarang: IKIP Semarang.

Nurul Zuriah. 2006. Metodologi penelitian Sosial dan Pendidikan. Bumi Aksara

Sudjana, D. (2004) .pendidikan luar sekolah. Bandung: Falah production.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-21

Cara Mengutip

Jannah, N., Hoerniasih, N., & Santika, T. (2023). PEMBELAJARAN KESETARAAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BUNGA BANGSA KECAMATAN TELUKJAMBE BARAT KABUPATEN KARAWANG. JoCE (Journal of Community Education), 2(2), 11–15. https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4520

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>