UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI FINGER PAINTING PADA KELOMPOK A DI POS PAUD ANGGREK KECAMATAN RAWAMERTA KABUPATEN KARAWANG

Penulis

  • Ating Ating Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tika Santika Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4530

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses upaya guru meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui finger painting pada kelompok A, faktor pendukung dan penghambat, dan hasil pembahasan penelitian di POS PAUD Anggrek Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Desain kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Selanjutnya, subjek penelitian ini terdiri dari R1 pengelola dan R2 Guru di POS PAUD Anggek Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari proses analisis keabsahan menunjukkan bahwa proses pembelajaran dilakukan dengan 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan faktor pendukung terbagi menjadi 2 yaitu faktor internal yakni minat dan kesadaran belajar peserta didik dan faktor eksternal yakni sarana prasarana dan guru yang memadai. Akan tetapi, ada beberapa hambatan diantaranya yaitu kurangnya partisipasi dan keaktifan serta belum tersedianya infromasi teknologi di kelas. Adapun hasil pembelajaran dapat berdampak pada kelanjutan kehidupan dari lulusan peserta didik di POS PAUD Anggrek.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardy wiyani. (2014). Psikologi PERKKEMBANGAN Aanak Usia Dini. Yogyakarta : GAVA MEDIA.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan

Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Depdiknas

Daeng sari dan Dini p (1996). Metode mengajar di taman kanak-kanak. Jakarta

:Departeman pendidikan nasional

Decaprio, Ricard. (2013). Aplikasi teori pmbelajaran motorik di sekolah.

Yogyakarta : DIVA PRESS

Depdiknas. (2007). Pedoman pengembangan Fisik/Motorik di taman kanak-kanak. Jakarta

Depdiknas. (2008). Pengembangan Kemampuan Motorik Halus di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK SD. Fingerpainting

Hadari Nawawi. (2012). Pejuang pendididkan. Kalimantan : UTP

Kartono, Kartini. (1996). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung:

Mandar Maju Montolalu. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta :UniversitasTerbuka

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Samsudin (2005). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: pustaka setia

Slamet suyanto. (2005). Konsep dasar anak usia dini. .Jakarta: departemen

Sugiyono. (2011). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sumanto. (2005). Pengembangan Krativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-21

Cara Mengutip

Ating, A., & Santika, T. (2023). UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI FINGER PAINTING PADA KELOMPOK A DI POS PAUD ANGGREK KECAMATAN RAWAMERTA KABUPATEN KARAWANG. JoCE (Journal of Community Education), 2(2), 21–26. https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4530

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama