PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK WANITA TANI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL EKONOMI

Penulis

  • Yesi Geovani Universitas Siliwangi
  • Wiwin Herwina Universitas Siliwangi
  • Nastiti Novitasari Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.5684

Abstrak

Kelompok Wanita Tani Lestari Alam merupakan suatu wadah yang memiliki kegiatan meningkatkan potensi, pengetahuan dan keterampilan untuk memberikan peluang agar perempuan menjadi lebih berdaya. Terdapatnya lahan pekarangan yang kurang produktif mengakibatkan harus dilaksanakannya kegiatan program pemanfatan lahan pekarangan. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui bagaiman pemberdayan perempuan dalam meningkatkan kemampuan sosial ekonomi pada Kelompok Wanita Tani. Metode penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari penyuluh KWT, ketua kelompok wanita tani dan 3 anggota kelompok wanita tani lestari alam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pemberdayaan perempuan melalui kelompok wanita tani dalam meningkatkan kemampuan sosial ekonomi ini mengacu pada teori Suharto aspek 5P (Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan, Pemeliharaan)yang mana proses tersebut meliputi adanya sosialisai dan penyuluhan, adanya pelatihan praktek, sudah terdaftar dengan perijinan legal formal, memiliki kemudahan dalam mengakses informasi dan mendapatkan dukungan pendanaan dari dinas, dalam pemeliharaannya KWT menjalankan tugas peranan anggota dengan baik terhadap setiap kegiatan. Simpulan kegiatan program pemanfaatan lahan pekarangan ini adannya peningkatan kemampuan sosial ekonomi yang dapat dilihat dari adanya dampak sosial dan dampak ekonomi yang di dapatkan oleh KWT Lestari Alam.

Kata Kunci: Ekonomi, Kelompok, Pemberdayaan, Peningkatan, Perempuan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraini Silvia. (2020). Upaya Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Pekarangan Rumah di Kampung Sinar Harapan Kelurahan Rajabasa Jaya Bandar Lampung. Skripsi. FakultassDakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negri Raden Intan. Lampung.

Ashari dkk (2012) Potensi Dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. 15-22

Basrowi, Juariyah. (2010). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading,Kecamatan Labuhan Maringgai,Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi % Pendidikan. Vol 7. No 1.

Sugiyono.(2017). Metode penelitian kualitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharto, Edi. (2014). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Sismudjito. (2016). Pemberdayaan Sosial Ekonomi Petani Di Perkebunan Inti Rakyat (Studi Kasus Di Kisaran, Sumatera Utara). Jurnal Universitas Sumatera Utara. Vol.2. No.1.

Wildan saugi dan sumarno, Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Lokal, jurnal pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, Vol.2, No, 2 (2015), http;//journal.uny.ac.id. diunduh pada 28 desember 2020, h. 228.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-21

Cara Mengutip

Geovani, Y., Herwina, W. ., & Novitasari, N. (2023). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK WANITA TANI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL EKONOMI. JoCE (Journal of Community Education), 2(2), 43–51. https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.5684

Terbitan

Bagian

Artikel